SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi (PE), Indeks Pembangu nan Manusia (IPM), Dan Tingkat P engangguran Terbuka (TPT) Terhadap Tingkat Kemiskinan Jawa Timur Tahun 2010 - 2014.

Catur Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemiskinan bersifat multi dimensional, atau ketidak mampuan dalam memenuhi kebutuhan manusia yang beranekaragam. Kondisi kemiskinan di Jawa Timur cenderung mengalami penurunan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan. Bila dikaitkan dengan kemiskinan, capaian Indeks Pembangunan Manusia yang baik akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah bagian penting dari pembangunan sebuah negara, bahkan menjadi salah satu indikator penting untuk menjelaskan suatu negara mampu secara finansial atau sejahtera. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat seiring dengan meningkatnya Indeks pembangunan Manusia dapat menekan angka pengangguran.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Pertumbuhan Ekonomi (PE) terhadap tingkat kemiskinan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2014. (2) mengetahui pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2014. (3) mengetahui pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terhadap Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2014. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisi regresi data panel dengan Fixed effect model. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten/Kota provinsi Jawa Timur tahun 2010-2014, yaitu: (1) Pertumbuhan Ekonomi negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten/Kota Jawa Timur. Hal ini dikarenakan terjadi ketimpangan pendapatan (2) Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan Kabupaten/Kota Jawa Timur. Dimana peningkatan Indeks Pembangunan Manusia mampu menurunkan tingkat kemiskinan (3) Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan Kabupaten/Kota Jawa Timur. Hal ini dikarenakan banyak tenaga kerja bekerja di sektor informal.