SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ABSTRAK Irfendi, Belgis Nursela. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas Teman Sebaya, dan Hasil Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS MAN Batu Tahun Ajaran 2017/2018, Jurusan Ekonomi Pembangunan, F

belgis irfendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata kunci : Status sosial, Konformitas Teman Sebaya, Hasil Belajar, Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Status sosial ekonomi orang tua merupakan status atau kedudukan yang dimiliki oleh seseorang dalam suatu masyarakat dan status sosial ekonomi seseorang  biasanya dilihat dari jumlah kekayaan, jabatan, pekerjaan, dan lain-lain. Status sosial ekonomi orang tua memiliki andil yang cukup penting bagi seorang anak. Hal itu terjadi karena orang tua yang ekonominya berkecukupan, maka fasilitas pendidikan yang di berikan pada anak juga akan diberikan secara maksimal, sehingga anak akan semangat untuk meraih prestasi yang baik di sekolah. Selain itu konformitas teman sebaya juga mempunya andil yang penting juga bagi siswa, karena mereka lebi sering berinteraksi dan bertukar pendapat menganai berbagai hal dengan teman sebaya mereka. Hasil belajar siswa juga dapat memperlihatkan bagaimana tingkat kecerdasan siswa, apabila hasil belajarnya tinggi, maka minat mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi akan semakin besar.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi orang tua (X1),konformitas teman sebaya (X2), hasil belajar (X3) dan variabel dependen adalah minat melanjutkan ke perguruan tinggi (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen secara parsial dan secara simultan. Peneliti Memilih MAN Batu sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XII IPS sebagai sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 122 siswa, dalam pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus maksimum likelihood diperoleh sampel sebanyak 93 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Analisis Data Statistik (4) Uji Regresi Berganda, (5) Uji Asumsi Klasik dan (6) Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa status sosial ekonomi, konformitas teman sebaya, dan hasil belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Pengaruh simultan sebesar 68,62% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 17,83% (status sosialekonomi), 36,83% (konformitas temans sebaya) dan 13,96% (melanjutkan ke perguruan tinggi). Konformitas temans sebaya mempunyai pengaruh yang dominan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Saran yang tuju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi orang tua, (2) Bagi Guru (3) Bagi sekolah dan (4) Bagi peneliti selanjutnya.