SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas Teman Sebaya, dan Hasil Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS MAN Batu Tahun Ajaran 2017/2018

belgis irfendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Irfendi, Belgis . 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas Teman Sebaya, dan Hasil Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII IPS MAN Batu Tahun Ajaran 2017/2018, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Dr. Hari Wahyono, M.pd

 

Kata kunci : Status sosial, Konformitas Teman Sebaya, Hasil Belajar, Minat Melanjutkan   Ke Perguruan Tinggi

Status sosial ekonomi orang tua merupakan status atau kedudukan yang dimiliki oleh seseorang dalam suatu masyarakat dan status sosial ekonomi seseorang  biasanya dilihat dari jumlah kekayaan, jabatan, pekerjaan, dan lain-lain. Status sosial ekonomi orang tua memiliki andil yang cukup penting bagi seorang anak. Hal itu terjadi karena orang tua yang ekonominya berkecukupan, maka fasilitas pendidikan yang di berikan pada anak juga akan diberikan secara maksimal, sehingga anak akan semangat untuk meraih prestasi yang baik di sekolah. Selain itu konformitas teman sebaya juga mempunya andil yang penting juga bagi siswa, karena mereka lebi sering berinteraksi dan bertukar pendapat menganai berbagai hal dengan teman sebaya mereka.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi orang tua (X1),konformitas teman sebaya (X2), hasil belajar (X3) dan variabel dependen adalah minat melanjutkan ke perguruan tinggi (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen secara parsial dan secara simultan. Peneliti Memilih MAN Batu sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XII IPS sebagai sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 122 siswa, dalam pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus maksimum likelihood diperoleh sampel sebanyak 93 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Analisis Data Statistik (4) Uji Regresi Berganda, (5) Uji Asumsi Klasik dan (6) Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa status sosial ekonomi, konformitas teman sebaya, dan hasil belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Pengaruh simultan sebesar 68,62% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 17,83% (status sosialekonomi), 36,83% (konformitas temans sebaya) dan 13,96% (melanjutkan ke perguruan tinggi). Konformitas temans sebaya mempunyai pengaruh yang dominan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Saran yang tuju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi orang tua, (2) Bagi Guru (3) Bagi sekolah dan (4) Bagi peneliti selanjutnya.

ABSTRAK

Irfendi, Belgis Nursela. 2018 The Effect of Socioeconomic Status of Parents, Peer   Conformity, and Learning Outcomes on Interest Continuing to Higher Education Student Class XII IS in the MAN Batu. Sarjana’s Thesis. Department of Economic Development, Faculty Of Economics, Universitas Negeri Malang. Supervisor : Dr. Hari Wahyono, M.Pd

 

Keywords: Social status, Peer Conformity, Learning Outcomes, Interest Continue to Higher Education

The socioeconomic status of the parents is the status or position held by a person in a society and the socioeconomic status of a person is usually seen from the amount of wealth, position, occupation, and others. The socioeconomic status of parents has an important role for a child. It happens because the parents are economically sufficient, then the educational facilities provided to the child will also be given maximally, so that the child will be enthusiastic to achieve good achievement in school. In addition, peer conformity also has an important share for students, because they are more often interact and exchange opinions about various things with their peers. Student learning outcomes can also show how students' level of intelligence, when their learning outcomes are high, their interest in continuing to university will be even greater.

The independent variables in this study are the socioeconomic status of parents (X1), peer conformity (X2), learning outcomes (X3) and dependent variable is interest to continue to college (Y). This study aims to determine the effect of independent variables on the dependent variable partially and simultaneously. Researchers chose MAN Batu as the location of research and make the students class XII IPS as a sample. The total population is 122 students, in the sample selection using random sampling technique. Determination of the number of samples using the maximum likelihood formula obtained sample of 93 students. Data collection used primary data with questionnaires and documentation dissemination. The research method used is quantitative research method with data analysis as follows: (1) Test Validity, (2) Test Reliability, (3) Statistical Data Analysis (4) Multiple Regression Test, (5) Classic Assumption Test and (6) Hypothesis.

The results of this study indicate that socioeconomic status, peer conformity, and learning outcomes have a positive and significant influence either partially or simultaneously on the interest to continue to college. Simultaneous influence of 68,62% while each independent variable accounted for 17,83% (socialeconomic status), 36,83% (conformity of peers friendship) and 13,96% (continued to college). Conformity of peers has a dominant influence on the interest of continuing to college. Suggestions to the researchers in this study are: (1) For parents, (2) For teachers (3) For schools and (4) For further researchers.