SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penyaluran Uang Elektronik Brizzi Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada BRI Kantor Cabang Banyuwangi)

Hanum Almira

Abstrak


RINGKASAN

 

Almira,  Hanum. 2018. “ Efektifitas Penyaluran Uang Elektronik Brizzi Kabupaten Banyuwangi”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Uang Elektronik

 

            Inovasi teknologi yang semakin canggih membuat manusia menjadi lebih dekat dan baik dalam menjalin interaksi dengan masyarakat. Kini perkembangan teknologi yang kian hari semakin meningkat dapat menolong setiap pengguna untuk melakukan beragam aktivitas dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Salah satu produk perbankan yang menggunakan sistem jaringan internet dan teknologi adalah e-money. Penelitian ini membahas tentang efektivitas penyaluran uang elektronik Brizzi di Kabupaten Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang efektivitas uang elektronik Brizzi melalui penyaluran uang elektronik Brizzi untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan uang elektronik. Serta peran masyarakat dalam menggunakan uang elektronik di setiap pembayaran yang dilakukan berbagai sektor perdagangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah Funding Officer (FO) di BRI Kantor Cabang Banyuwangi dan masyarakat pengguna Brizzi di Kabupaten Banyuwangi.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa efektivitas penyaluran Brizzi belum efektif, karena penyaluran masih dalam lingkup aktivitas daerah tertentu dan perkantoran saja, branding Brizzi juga belum memasuki pada sektor pendidikan. Dalam penyalurannya, Kantor Cabang BRI Banyuwangi juga masih aktif setahun terakhir ini, penjualan yang sangat sedikit dibandingkan jumlah penduduk Banyuwangi. Selain itu pengguna Brizzi masih menggunakannya untuk transaksi pembayaran tol saja, sehingga mereka belum sepenuhnya menggunakan untuk belanja dan transaksi lainnya. Penggunaan merchant juga masih sebatas pembayaran kartu debit dan kartu kredit.