SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan pendapatan mahasiswa laki-laki dan pendapatan mahasiswa perempuan dengan Pola konsumsi Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Raysa yampera

Abstrak


ABSTRAK

 

Syampera, Raysa . 2018.Hubungan pendapatan mahasiswa laki-laki dan pendapatan mahasiswa perempuan dengan Pola konsumsi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E.,M.Si.

 

Kata Kunci : Pendapatan laki-laki, Pendapatan Perempuan dan Pola Konsumsi.

Pola konsumsi adalah Susunan atau pola terhadap kebutuhan individu atau seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Pola konsumsi setiap orang berbeda-beda karena terdapat beberapa faktor yang membedakannya. Salah satu faktor pendukungnya adalah pendapatan. Pendapatan yang diterima oleh mahasiswa dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu pendapatan dari orang tua, pendapatan yang diterima dari beasiswa dan pendapatan yang diterima dari hasil bekerja. Selain itu, perbedaan menurut jenis kelamin mempengaruhi pola konsumsi. melihat dari waktu ke waktu tidak hanya perempuan yang memiliki hasrat konsumsi yang tinggi melainkan laki-laki juga memiliki hasrat konsumsi yang tinggi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling, diambil sampel sejumlah 117 mahasiswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan juga analisis korelasional. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa :  (1) terdapat hubungan positif antara Pendapatan mahasiswa laki-laki dengan pola konsumsi mahasiswa Universitas Negeri Malang dan  (2) Terdapat Hubungan negatif antara pendapatan mahasiswa perempuan dengan pola konsumsi mahasiswa Universitas Negeri Malang.