SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Minat Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang Dan Universitas Brawijaya)

Novita .

Abstrak


Perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seseorang lebih memilih kemudahan dalam sistem pembayaran, di Kota Malang merupakan Kota metropolitan dengan sebagian besarnya adalah orang-orang imigran dan juga mahasiswa perantauan, dalam hal ini mahasiswa sebagai kaum teerpelajar lebih mengerti akan adanya kemudahan bertransaksi dan juga keuntungan bertransaksi, e-money adalah salah satu alat pembayaran alternatif yang sangat di minati oleh mahasiswa di Kota Malang. Penelitian ini diangkat oleh penulis dikarenakan ingin mengetahui seberapa banyak mahasiswa di Kota Malang yang telah menggunakan e-money sebagai salah satu alat/instrumen pembayaran alternnatif bagi kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis penggunaan uang elektronik (e-money) pada mahasiswa Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang dengan menggunakan dua Universitas Negeri di Kota Malang yaitu Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya sebagai studi kasus penelitian. Jumlah narasumber adalah 10 mahasiswa yang mempunyai dan menggunakan produk e-money, jenis data dari penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada narasumber, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian analisis minat pengguna e-money pada mahasiswa di Kota Malang menujukkan bahwa penggunaan e-money oleh mahasiwa tergantung dengan kebutuhan masing – masing hal ini disebabkan karena fungsi dan keterbatasan yang dimiliki oleh produk e-money yang mereka gunakan. Presepsi oleh pengguna terkait degan produk e-money yang digunakan juga mempengaruhi minat mahasiswa menggunakan produk e-money tersebut. Lalu penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan e-money pada mahasiwa di Kota Malang sudah berjalan dengan semestinya dan mampu menggeser sedikit demi sedikit proses transaksi tunai ke transakasi non tunai.