SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Barang Konsumsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Retno Wahyuningtias

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningtias, Retno. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Barang Konsumsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan 2018 Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.pd, M.Pd

 

Kata Kunci: keputusan pembelian, rasionalitas berkonsumsi, strategi pemasaran, faktor psikolois, faktor situasional, faktor sosial.

 Setiap individu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi demi menjaga kelangsungan hidupnya. Seiring berkembangnya teknologi yang semakn modern produk yang ditawarkan produsen semakin beragam dan persaingan usaha semakin ketat sehingga untuk menghadapinya produsen membuat strategi pemasaran. Konsumen harus mampu menaggapi hal tersebut dengan bersikap rasional dalam membuat keputusan pembelian. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang berasal dari individu konsumen itu sendiri maupun lingkungannya. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.

 Penelitian ini dilaksanakan dengan berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membuat keputusan dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut. Pertama, strategi pemasaran yang digunakan oleh para produsen meliputi produk, harga, promosi, dan tempat. Penilaian terhadap produk berdasarkan pada manfaat, kualitas, dan selera. Penilaian terhadap harga berdasarkan pada kualitas, membandingkan dengan budget yang dimiliki, dan membandingkan dengan harga produk sejenis. Jenis promosi yang paling berpengaruh adalah promosi penjualan yang berupa diskon dan publisitas. Tempat berbelanja kesukaan mereka adalah yang memiliki sarana prasarana yang lengkap serta suasananya yang nyaman.

Kedua, faktor psikologi yang terdiri dari motivasi, persepsi, dan pembelajaran. Motif yang mendorong untuk membeli produk yaitu karena modelnya yang lucu, mengikuti trend, dan sedang ada promo. Menurut persepsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 brand bukanlah hal yang penting asalkan produknya bagus dansesuai dengan budget yang dimiliki mereka akan membelinya. Pembelajaran ekonomi yang diperoleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 terbukti mampu membuat mereka lebih rasional dalam membuat keputusan pembelian.

Ketiga, faktor situasional yang terdiri dari waktu berbelanja dan sarana prasarana tempat berbelanja. Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 lebih suka berbelanja saat sore atau malam karena pada saat pagi sampai siang mereka harus kuliah, maka sepulang kuliah adalah waktu yang tepat baginya untuk berbelanja . Sarana prasarana tempat berbelanja kesukaan mereka adalah yang lengkap dan bagus membuat mereka merasa betah dan nyaman saat berbelanja.

Keempat, faktor sosial yang terdiri dari keluarga, teman sebaya, dan budaya. Anggota keluarga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 karena sebelum membei suatu produk mereka akan meminta saran dari keluarga mereka. Teman sebaya juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena seringkali mereka pergi berbelanja bersama teman-temannya dan meminta pendapat teman tentang produk yang akan dibelinya serta mereka juga ingin memakai produk seperti yang dipakai oleh teman-temanya. Faktor budaya yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah nilai dan norma karena mereka akan mempertimbangkan apakah produk yang akan dibelinya apabila dipakai bertentangan atau tidak bertentangan dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat.

 ABSTRACT

 

Wahyuningtias, Retno. 2018. Factors Analysis that Influences Purchasing Decision of Consumer Goods Student of Studies Program Economic Development Class 2018 Economics Faculty, State University of Malang. Sarjana’s Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Ro'ufah Inayati, S.pd, M.Pd

 

Keywords: purchasing decision, consuming rationality, marketing strategy, psycholois factor, situational factor, social factor.

Every individual has needs that must be met in order to maintain their survival. Along with the development of technology semakn modern products offered by manufacturers increasingly diverse and increasingly fierce business competition so to face it manufacturers create marketing strategies. Consumers should be able to respond to it by being rational in making purchasing decisions. Consumer purchasing decisions are influenced by many factors both derived from the individual consumer itself and the environment. In this regard, it is necessary to discuss the factors that influence the purchase decision.

This research was conducted by focusing on factors influencing purchasing decisions of students of Economic Development Study Program 2016 Faculty of Economics, State University of Malang.

This study used a qualitative approach to the type with case study research. The data were collected using observation and interview techniques. To maintain data validity, data triangulation activities are performed. Data analysis activities start from the data reduction phase, data presentation, and conclusion.

Based on data analysis of research results that have been done then it can be concluded that the students of Economic Development Study Program 2016 Faculty of Economics, State University of Malang in making the decision is influenced by factors as follows. First, marketing strategies used by producers include product, price, promotion, and place. Assessment of products is based on benefits, quality, and tastes. Assessment of price based on quality, compare with budget owned, and compare with the price of similar products. The most influential type of promotion is sales promotion in the form of discounts and publicity. Their favorite shopping spots are those that have complete infrastructure and comfortable atmosphere.

Second, psychological factors consisting of motivation, perception, and learning. Motives that encourage to buy the product is because the model is funny, follow the trend, and there are promos. According to the perception of students of Economic Development Study Program Force 2016 brand is not important as long as the product is good and according to the budget they have will buy it. Economic learning gained by the students of Economic Development Study Program of 2016 proved able to make them more rational in making purchasing decision.

Third, situational factors consisting of shopping time and infrastructure facilities where shopping. Students of Development Economics Study Program 2016 prefer to shop during the afternoon or night because during the morning until noon they have to go to college, then after college is the right time for him to shop. The infrastructure of their favorite shopping venue is complete and nice making them feel at home and comfortable while shopping.

Fourth, social factors consisting of family, peers, and culture. Family members have an influence on the purchasing decisions of the students of the Development Economics Study Program 2016 because before they start a product they will seek advice from their families. Peers also influence purchasing decisions because often they go shopping with their friends and ask friends for opinions about the products they buy and they also want to use products like that of their friends. Cultural factors that affect the purchase decision is the value and norms because they will consider whether the product will be purchased when used contrary to or not contrary to the values and norms that exist in society.