SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML) PADA MATAPELAJARAN EKONOMI MATERI BANK SENTRAL SISWA KELAS X IPS SMAN 1 GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ibrahim amin

Abstrak


 

RINGKASAN

 

 

Amin, Ibrahim . 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Hypertext Markup Language  (HTML) Pada Matapelajaran Ekonomi Materi Bank Sentral Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang Semester Genap Tahun  Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi  Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : Drs. H. Sapir, Sos, M.Si

Kata Kunci:  Pengembangan, Media Pembelajaran, Web HTML

           

            Dengan berkembangnya zaman, berkembang pula teknologi mulai dari smartphone hingga personal komputerPenelitian ini dimaksudkan dengan mengembangkan bahan ajar dengan web browser berbasis HTML pada bahan ajar materi Ekonomi tentang bank sentral yang dapat membantu siswa memahami materi dan memudahkan guru dalam melakukan evaluasi hasil belajar

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)Untuk mengembangkan penggunaan media pembelajaran interaktif ekonomi dengan menggunakan aplikasi web HTML untuk siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada materi bank sentral .(2)Untuk mengetahui respon siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada media pembelajaran ekonomi dengan menggunakan web HTML pada materi bank sentral.

            Penelitian ini menggunakan model borg and gall yang telah disesuaikan menjadi 8 tahap. Penelitian pengembangan merupakan suatu metode penelitan yang digunakan untuk menghasilkan produk Media web dan menguji keefektifan Media Web HTMLberbasis  tersebut . Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitaif, Data kualitatif di dapat dari komentar yang kemudia di analisa untuk mendapatkan masukan terhadap media  dan data kuantitatif didapat dari angket validitas terkait kelayakan media Web berbasis HTML yang datanya akan dipaparkan dalam bentuk angka.

            Hasil Penelitian dan pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web HTML yang di terapkan pada siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang dapat di tunjukkan dengan data dari angket validitas yang telah di uji cobakan pula kepada siswa. Hasil dari validasi Ahli materi sebesar 93,18% dan untuk hasil uji validitas Ahli Media sebesar 86% sedangkan hasil dari uji coba validitas kepada siswa yakni sebesar 95,3% Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan sangat valid atau sangat baik. Sehingga bagi peneliti dan pengembang berikutnya lebih inovatif dalam mengembangkan media Web HTML dalam proses pembelajaran Bank Sentral agar proses pembelajaran lebih mudah.