SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN I-SPRING PRO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 2 SMAN 1 LAWANG KABUPATEN MALANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017-2018

Afifah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Afifah. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile LearningMenggunakan I-Spring Pro untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2017-2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sapir, S.Sos.,M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, i-spring pro, hasil belajar Pendidik yang berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus memiliki kompetensi menggunakan TIK di era pembelajaran globalisasi seperti saat ini. Salah satu produk teknologi yang bisa dimanfaatkan dan selalu berkembang yaitu handphone. Hampir seluruh peserta didik usia remaja SMA saat ini memiliki handphone, terutama smartphone yang berbasis android. Adanya pembelajaran berbasis android ini akan mempermudah dan menarik minat peserta didik untuk belajar secara mandiri. Dengan kesemangatan peserta didik dalam belajar diharapkan ada stimulus positif yaitu berupa peningkatan hasil belajar.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan serta mengetahui kelayakan produk media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran ekonomi yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program i-Spring Pro yang ditambahkan pada microsoft powerpoint yang merupakan sebuah program untuk membuat media pembelajaran dengan menggabungkan berbagai unsur seperti teks, gambar, video, animasi dan suara sehingga materi pada mata pelajaran ekonomi dapat diaplikasikan di android milik peserta didik.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sudah dimodifikasi yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, validasi produk awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data hasil uji coba produk di sekolah serta tes. Data kuantitatif tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif presentase sehingga dapat mengubah data kuantitatif ke dalam bentuk presentase untuk diinterpretasikan menjadi data kualitatif.

Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media ini “valid” dengan rata-rata presentase validasi ahli media sebesar 82,29% dan ahli materi sebesar 94%. Hasil uji coba produk di lapangan diperoleh presentase sebesar 91,63% dengan kriteria “sangat menarik”. Rata-rata hasil tes juga menunjukkan adanya peningkatan dari 62,33menjadi 84,66, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 35,83%. Berdasarkan hasil uji validasi, uji coba dan tes dapat disimpulkan bahwa produk valid, sangat menarik dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi guru Ekonomi untuk menggunakan media pembelajaran mobile learning ini sebagai sumber belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran mobile learning dengan desain yang lebih baik dan mengembangkan materinya.