SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Minat Belajar Siswa kelas X IPA terhadap Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Tutiul Faizah

Abstrak


Setiap orang melakukan suatu hal selalu didasari dengan minat terhadap hal tersebut. Jika seseorang berminat terhadap hal tersebut maka ia akan melakukannya dengan senang hati. Begitu juga dengan siswa, jika siswa memiliki minat belajar terhadap mata pelajaran ekonomi maka siswa akan belajar matapelajaran tersebut dengan baik tanpa adanya tekanan atau paksaan dalam melakukannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi minat belajar siswa kelas X IPA terhadap mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, serta wawancara.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat belajar terhadap mata pelajaran ekonomi dan diketahuifaktor-faktor yang melatarbelakangi minat belajar siswa adalah 1) faktor internal yakni motivasi siswa meliputicita-cita masa depan, keinginan menjadi pengusaha, ingin kuliah dengan jurusan ekonomi, serta ingin memperdalam ilmu ekonomi, 2) faktor eksternal meliputi guru dan cara mengajar guru yang sudah dirasa baik yakni guru sudah enak, detail dan asik dalam menyampaikan pelajaran, memberikan candatawa agar siswa tidak bosan, banyak variasi mengajar yang diterapkan oleh guru seperti berdiskusi kelompok, memutarkan video, belajar di luar ruangan atau outdoor, memberikan games, serta fasilitas yang disediakan disekolah sudah lengkap dari wifi, perpustakaan yang lengkap, bagus dan nyaman.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberi saran kepada beberapa pihak yang berkepentingan yaitu pada guru diharapkan semaksimal mungkin selalu menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan mempertahankan cara mengajar yang disukai siswa yakni menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberikan canda tawa serta sering memberikan motivasi kepada siswa. Bagi sekolah adalahmeningkatkan dan menambah sarana dan prasarana yang ada seperti perpustakaan yang memiliki buku ekonomi lengkap, menyediakan wifi disetiap sudut sekolah atau menambahkan ruang laboratorium pasar modal agar dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Bagi penulis yang lain, agar dapat dijadikan referensi serta dapat melanjutkan penelitian mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi minat belajar seperti dengan menambahkan subyek pada kelas peminatan lain yaitu kelas IPA,IPS, Bahasa maupun Agama.