SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Menjadi Wirausaha

Henry Bagus Priambudy

Abstrak


ABSTRAK

 

Priambudy, Henry Bagus. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Menjadi Wirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang Angkatan 2014). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kewirausahaan, Motivasi, Kebebasan dalam bekerja, Keberhasilan diri, pendidikan kewirausahaan

Pengangguran merupakan masalah yang sedang dihadapi indonesia, karena semakin sempit lapangan pekerjaan dan semakin banyak lulusan-lulusan baru yang siap untuk bekerja membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Mulai dari lulusan SD hingga sarjana mereka bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, dan yang kalah tidak akan mendapatkan pekerjaan. Dari data statistik masih ada sarjana yang menganggur di Indonesia. Hal ini dapat diatasi dengan berwirausaha. Ada baiknya ilmu yang diajarkan sewaktu kuliah dapat diapplikasikan dengan berwirausaha. Dengan adanya matakuliah kewirausahaan mahasiswa dapat belajar mengenai kewirausahaan. Selain itu dorongan yang dapat memotivasi mahasiswa itu sendiri untuk berwirausaha yaitu keinginan mereka untuk bebas dalaam bekerja dan keberhasilan diri yang mereka capai.

Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kebebasan dalam bekerja (X1), Keberhasilan Diri (X2), dan Pendidikan Kewirausahaan (X3) serta variabel dependen Motivasi Mahasiswa untuk menjadi wirausaha (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial dan secara simultan. Peneliti memilih mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunnan UM angkatan 2014 sebagai sampel penelitian. Jumlah populasi sebanyak 430 mahasiswa, dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus maximum likelihood diperoleh sebanyak 105 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuisioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneltitian kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Realiabilitas, (3) Analisis Data Statistik, (4) Uji Regresi Berganda, (5) Uji Asumsi Klasik, dan (6) Uji Hipotesis.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kebebasan dalam bekerja, keberhasilan diri dan pendidikan kewirausahaan mempunyai pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Pengaruh simultan sebesar 35,7%, sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang 4,576% (kebebasan dalam bekerja) 9,331% (keberhasilan diri) dan 21,758% (pendidikan kewirausahaan). Pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang dominan dalam memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi Pendidik, (2) Bagi Mahasiswa, dan (3) Bagi Peneliti lain.