SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DAN TIME TOKEN DALAM KERANGKA LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 1 LAWANG KABUPATEN MALANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Rima Santika Yuana

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dalam pembelajaran Ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Debate dan Time Token. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklusdilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu : pra penelitian, perencanaan (planning), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Dalam penelitian ini guru model dengan seluruh tim Lesson Study sebagai pelaksana tindakan dan pengumpul data-data selama penelitian berlangsung, kepala sekolah sebagai subjek pembantu, serta siswa kelas X  IIS 2 dengan jumlah 36 siswa sebagai subjek penerima tindakan dengan objek penelitian adalah berpikir kritis secara Ekonomi. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari observasi yang berlandaskan aspek-aspek berpikir kritis oleh Ennis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran debate dan time token dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68 yang sudah masuk dalam kategori baik dan pada siklus II rata-rata 88, 33 sudah masuk ke dalam kategori sangat baik. Jadi simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran debate dan time token  dapat meningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Lawng Malang Tahun ajaran 2017/2018.Debate dan Time Token dalam pembelajaran Ekonomi karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, 2) Bagi peneliti selanjutnya, dapat menerapkan model Debate dan Time Token pada situasi yang berbeda.