SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa SMK Kelas XI (Studi Pada Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari)

Muhammad Fahmi Tri Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Muhammad Fahmi Tri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa SMK Kelas XI  (Studi Pada Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si

Kata kunci : Teknologi, Media Pembelajaran, Aplikasi Android

 

Inovasi dalam pendidikan merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya dalam inovasi dapat diapilkasikan pada kemajuan teknologi yang saat ini sedang marak pada kalangan pelajar. Smartphone merupakan salah satu dampak dari adanya teknologi yang pada kali ini kurang termanfaatkan untuk pelajar. Dari permasalahan ini dapat ditemukan inovasi dalam melakukan aktivitas belajar mengajar melalui mengubah model pembelajaran yang asalnya hanya menjelaskan materi diganti dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android.

Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android yang nantinya akan digunakan untuk belajar siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan.

Perancangan dalam penelitian ini model 4D (Four D). Tahapan yang akan dilakukan peneliti meliputi 1) Pendefinisian (define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Develop), dan 4) Penyebaran (Disseminate). Dalam keempat tahapan tersbut juga akan dilakukan uji validasi oleh tim ahli yang meliputii Ahli materi, Ahli Media, dan Uji coba pengguna untuk menguji keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Hasil produk yang dikembangkan duijikan kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna. Pada hasil validitas ahli mater diperoleh hasil 72,87% sehingga dikatakan cukup valid, pada hasil validitas ahli media diperoleh hasil 91,25% sehingga dikatakan Valid. Pada uji coba pengguna diperoleh hasil sebesar 83,42% sehingga dikatakan valid Dan untuk rata-rata keseluruhan penilaian penguji ditemukan angka sebesar 82,51% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis apikasi android pada mata pelajaran kewirausahaan dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan pada uji Independent Sample t Test yang bertujuan melihat peningkatan hasil belajar dan keefektifan media didapatkan hasil sebesar 0,000 sehingga dapat diketahui peningkatan belajar pada kelas eksperimen dan keefektifan media pembelajaran.

Bagi guru mata pelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran terlebih dahulu mempelajari media yang akan digunakan dan setelah itu menyempaiakan petunjuk penggunaan dari media pembelajaran. Sehinggan media pembelajaran dapat digunakan secara efektif dan berkelanjutan. Sedangkan pada sekolah dapat dijadikan motivasi untuk lebih membuat inovasi khususnya bagi guru untuk berinovasi dalam membuat media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran.