SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Menabung Siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang

Maulidia Choirunnisa

Abstrak


RINGKASAN

 

Choirunnisa, Maulidia. 2018. Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Menabung Siswa kelas XI IPS MA An-Nur  Bululawang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pebimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E.

 

Kata kunci: lingkungan pondok pesantren, teman sebaya, perilaku menabung.

Menabung merupakan salah satu cara untuk mengontrol pengeluaran uang yang dilakukan seseorang dalam kehidupannya. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung melakukan tindakan konsumsi daripada menabung. Menabung bagi siswa yang berada dalam lingkungan pondok pesantren merupakan sebagian upaya dari proses tirakat, atau dalam hal ini bisa diartikan dengan usaha mengelolah batin dengan menahan akan berbagai macam keinginan. Selain lingkungan, teman sebaya juga mempengaruhi perubahan perilaku siswa, siswa yang berada di pondok pesantren akan sangat akrab dengan teman sebayanya, hal ini dikarenakan kehidupan yang mereka lakukan setiap harinya selalu berhubungan dengan temannya, sehingga sedikit banyak siswa akan memiliki kebiasaan yang sama dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang, (2) untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang, (3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren dan teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lingkungan pondok pesantren (X1), teman sebaya (X2), dan perilaku menabung (Y). Penelitian ini dilakukan di MA An-Nur Bululawang dengan subjek kelas XI IPS angkatan 2017/2018. Populasi pada penelitian ini berjumlah 116 siswa dan sampel dari penelitian ini berjumlah 90 siswa yang terdiri dari siswa putra dan putri yang diambil menggunakan metode random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif, uji asumsi klasik, analasis regresi linier berganda, uji hipotesis, sumbangan efektif dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut (1) ada pengaruh yang positif lingkungan pondok pesantren terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang, (2) ada pengaruh positif teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang, (3) ada pengaruh positif lingkungan pondok pesantren dan teman sebaya terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS MA An-Nur Bululawang. Pengaruh simultan yang dihasilkan dari lingkungan pondok pesantren dan teman sebaya hanya sebesar 26,7% hal ini wajar karena banyak variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti financial literacy, pendidikan ekonomi di keluarga, dan kontrol diri.

Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah : (1) Bagi seluruh pihak sekolah MA An-Nur Bululawang khususnya guru ekonomi, untuk memberikan penjelasan akan manfaat dan pentingnya menabung bagi siswa, serta memberikan pengawasan terhadap perilaku menabung siswa, (2) Bagi seluruh pihak pondok pesantren khususnya para ustad/ustadzah dan kepala kamar, untuk memberikan contoh kegiatan menabung dan mengkontrol pengeluaran siswa dari uang saku yang dikirimkan oleh orangtua, (3) Bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian tentang “lingkungan pondok pesantren dan teman sebaya terhadap perilaku menabung” untuk lebih mengembangkan indikator yang digunakan dalam penelitian ini, sehingga dapat menjelaskan secara mendalam variabel-variabel yang akan digunakan dalam penelitian.