SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROSPEK KEGIATAN KAMPUNG URBAN FARMING “GELINTUNG GO GREEN” RW 23 KELURAHAN PURWANTORO KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Lutfi Asnan Qodri

Abstrak


ABSTRAK

 

Asnan Qodri, Lutfi. 2018. Prospek Kegiatan Kampung Urban Farming “Gelintung Go Green” RW 23 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Mit Witjaksono, MS., Ed.

 

Kata Kunci: Prospek, Urban Farming, Kegiatan Kampung Gelintung Go Green.

Dalam mewujudkan konsep Kampung Urban Farming dibutuhkan gotong royong dengan menyatukan visi dan misi secara keseluruhan lapisan masyarakat. Visi dan misi yang jelas juga harus ditunjang dengan road map sesuai dengan pendekatan masyarakat yang dibutuhkan. Dari sebuah implementasi Kampung Urban Farming tentunya juga dibutuhkan sebuah potensi dari sebuah prospek kedepan khususnya sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana prospek Kampung Gelintung Go Green dengan segala upaya yang telah dilaksanakan sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Dengan data yang digunakan adalah data pembentukan awal, Visi dan Misi, Road Map dari pembentukan Kampung Gelintung Go Green serta upaya pengembangan yang itu semua dijadikan sebagai dasar untuk melihat prospek dari Kampung Gelintung Go Green. Peneliti bertindak sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut adalah dengan pengamatan lapangan, wawancara, dan observasi lapangan. Untuk menecek keabsahan data digunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check.

Dari hasil analisis data, peneliti dapat mendapatkan tingkat prospek dari Kampung Gelintung Go Green. Tentunya hal tersebut harus di dasarkan oleh tiga aspek, pertama, aspek ekonomi. Aspek ekonomi dapat tercapai apabila suatu kegiatan Kampung Gelintung Go Green dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi salah satunya pendapatan masyarakat. Kedua yaitu aspek Sosial dapat dikatakan baik apabila sosial interaksi yang ada di masyarakat dapat meningkat seiring diwujudkannya kampung tersebut. Ketiga yaitu aspek Ekologi dikatakan baik apabila setiap upaya menunjang kelestarian lingkungan dan alam. Dari ketiga aspek tersebut apabila dapat terpenuhi dengan baik Kampung Gelintung Go Green dapat dikatakan memiliki prospek yang baik untuk dilanjutkan kedepannya.