SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Efisiensi Teknis dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA): (Studi Kasus Perkebunan Tebu di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang)

robia alhamidiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kecamatan Dampit merupakan sentra perkebunan tebu di Kabupaten Malang. Penggunaan input-input produksi yang tepat berperan penting dalam produksi yang berkualitas. Pengunaan input-input produksi yang berlebih dapat menurunkan kualitas produksi yang optimal. Efisiensi merupakan salah satu aspek penting bagi petani sebagai alat ukur untuk pemilihan keputusan produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis usaha tani tebu dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis usaha tani tebu di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Tingkat efisiensi usaha tani tebu dianalisis dengan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Perhitungan efisiensi menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) sangat dipengaruhi oleh perbandingan dari input dan output.

Penelitian ini dilakukan pada 6 Decision Making Unit (DMU) dengan menggunakan 6 kelompok tani tebu dengan produktivitas tertinggi yang berada di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode DEA, sebagian besar usaha tani tebu di Kecamatan Dampit belum efisien. Tingkat efisiensi teknis usaha tani tebu dengan nilai efisiensi 100% berada pada DMU Mulya Arum, dan kategori daerah yang mendekati efisien yaitu pada DMU Yasin. Sedangkan pada DMU yang tidak efisien berada pada DMU Sekar Mulya, Masud, Sumber Makmur, dan Joko Purnomo.

 Faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis dianalisis dengan software Stata 14.2. Faktor sosial ekonomi meliputi variabel usia berpengaruh signifikan terhadap efisiensi teknis usaha tani tebu di Kecamatan Dampit. Variabel pendidikan, pengalaman bertani dan akses kredit secara statistik tidak signifikan mempengaruhi efisiensi teknis usaha tani tebu di Kecamatan Dampit.