SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengembangan Ekonomi Lokal dalam Pelaksanaan Anti Poverty Program (Studi Kasus pada Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang)

ade lorenza panjaitan

Abstrak


ABSTRAK

 

Panjaitan, Ade Lorenza. 2018. AnalisisPengembanganEkonomiLokaldalamPelaksanaanAnti Poverty Program (StudiKasuspadaKecamatanTirtoyudoKabupaten Malang).Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: Dr. HadiSumarsono, S.T., M.Si.

 

Kata Kunci:PengembanganEkonomiLokal, Anti Poverty Program, KecamatanTirtoyudo

Kemiskinan meningkat dan program-program pembangunan yang dilaksanakan selama ini selalu memberikan perhatian besar terhadap upaya pengentasan kemiskinan. Maka dari itu, upaya penanggulangan kemiskinan diperlukan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan dan penajaman kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui Anti Poverty Program.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dengan bantuan aplikasi RALED. Populasi dari penelitian ini adalah Kecamatan Tirtoyudo dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling di Desa Ampelgading yang berjumlah 7 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang paling berperan yaitu aspek kesinergian dan fokus kebijakan dengan nilai pada diagram laying-layang 90,4 berarti aspek tersebut yang telah berjalan dengan baik dalam Anti Poverty Program di Kecamatan Tirtoyudo, sedangkan aspek yang nilainya lebih dekat dengan titik 0 dalam diagram laying-layang yaitu aspek pembangunan berkelanjutan dengan nilai 55,4. Berarti pada aspek pembangunan berkelanjutan masih memerlukan perhatian agar terjadi peningkatan dan tidak menjadi penghalang dalam Anti Poverty Program.