SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS EFISIENSI TEKNIS USAHATANI BUAH NAGA DI KECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

sirilus irvan perdana putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, SirilusIrvanPerdana. 2018. (AnalisisEfisiensiTeknis Usaha TaniBuah Naga Di KecamatanBangorejoKabupatenBanyuwangiDengan Model Pendekatan Data Envelopment Analysis). Skripsi.,JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing : Dr. HadiSumarsono, S.T., M.Si.

 

Kata Kunci: Pertanian, Efisiensi, Buah Naga, Data Envelopment Analysis (DEA)

Buah naga merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Banyuwangi yang menjadi favorit bagi banyak orang. Buah naga hasil produksi Banyuwangi memiliki keunggulan yaitu rasa lebih manis, ukuran buah besar, dan tidak tergantung musim

Efisiensi merupakan salah satu aspek penting bagi petani sebagai alat ukur untuk melakukan pemilihan keputusan produksi terhadap alternatif yang tersedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Data Envelopment Analysis(DEA) dengan bantuan aplikasi Banxia Frontier Analysis 4 dengan melihat skor efisiensi untuk tiap usaha tani buah naga. Populasi dari penelitian ini adalah Kecamatan Bangorejo dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling di kelompok tani tujuh desa yang ada di Kecamatan Bangorejo. Pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tani buah naga Desa Ringintelu menjadi yang paling efisien dibandingkan dengan desa yang lainnya, dikarenakan mendapatkan nilai 100%, sedangkan ke-enam desa yang lainnya mendapatkan nilai kurang dari 100% berarti kondisi usaha tani buah naga tidak efisien.