SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Implementasi Program Branchless Banking “BRILink” untuk Mewujudkan Financial Inclusion

nurul khasanah

Abstrak


 Keadaan geografis di Indonesia yang luas dan tidak meratanya sarana dan prasarana perbankan merupakan factor penghambat masyarakat di pedesaan untuk dapat mengakses layanan keuangan perbankan. Berdasarkan data riset global inclusion Bank Dunia, angka inklusi keuangan Indonesia hanya sebesar 20%. Keadaan ini mendorong Bank Indonesia untuk meningkatkan angka inklusi keuangan di Indonesia dengan mencanangkan program branchless banking.Branchless banking merupakan layanan keuangan tanpa kantor bank, namun melalui kerjasama dengan pihak ketiga yang disebut dengan agen untuk melayani masyarakat.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan implementasi pelaksanaan BRILink, kelebihan, kekurangan, hambatan pelaksanaan dan perkembangan BRILink, serta dengan adanya BRILink dapat mewujudkan financial inclusion. Penelitian ini mengambil lokasi di BRI Kcp Turen. Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara wawancara secara langsung kepada pihak BRI, agen BRILink dan nasabah BRILink.

Hasil dari penelitian ini dengan adanya BRILink dapat mewujudkan financial inclusion. Akses layanan perbankan yang semakin mudah dan cepat dengan adanya agen sebagai mitra BRI. Terbukti dari biaya yang terjangkau, kualitas BRILink yang lebih dekat dengan masyarakat dari interaksi agen dan nasabah, menambah penghasilan agen, berbagai fitur yang sederhana dan praktis sehingga membantu masyarakat dalam bertransaksi dan mengakses layanan perbankan.