SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Desa Mandiri dalam Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

rizka yunita sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Rizka Yunita. 2018. Pengembangan Desa Mandiri dalam Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr Nasikh M.P, M.Pd.

 

Kata Kunci : pengembangan, pengelolaan sampah, desa mandiri, madiredo bersih, kesejahteraan

Indonesia merupakan negara yang terdiri berbagai wilayah kota dan desa, sebagian besar adalah wilayah desa. Pembangunan daerah merupakan  salah satu program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat, pembangunan desa  perlu diarahkan pada terwujudnya desa mandiri. Di  Desa Madiredo  telah mengembangkan desa mandiri dengan cara  mengatasi masalah yang ada di desa tersebut yaitu mengatasi masalah  pencemaran lingkungan dengan cara membuat sebuah program Madiredo Bersih. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengembangan dan keuntungan dari adanya desa mandiri dalam program Madiredo Bersih.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subeyek penelitian ini adalah program Madiredo Bersih di Desa Madiredo untuk kesejahteraan masyarakat terutama pada kesehatan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pengembangan dan keuntungan program. Ada berbagai upaya pengembangan dalam mengembangkan program tersebut. Beberapa cara pengembangan tersebut adalah menjadikan program Madiredo Bersih yang awalnya hanya pemilahan menjadi pengelolahan dan bank sampah. Kedua upaya tersebut berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun keuntungan adanya program Madiredo Bersih ini antara lain menjadikan lingkungan desa yang awalnya tercemar, menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit dan pemeriksaan gratis dari hasil pemilahan selama ini.