SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Komparasi Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Malang (BSM) dan Bank Sampah Jombang (BSJ)

Yayuk Lailatul Mufarrikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufarrikhah, Yayuk Lailatul. 2018. Analisis Komparasi Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Malang (BSM) dan Bank Sampah Jombang (BSJ). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

Kata Kunci: bank sampah malang, bank sampah jombang, pengelolaan sampah

 

            Sampah merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia saat ini. Baik sampah organik maupun anorganik. Masyarakat dalam mengelola sampah selama ini masih bertumpu pada pendekatan akhir (end of pipe), yaitu sampah dikumpulkan, diangkut, dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk memilah sampah menggunakan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle) maka diperlukan alternatif lain untuk mengurangi jumlah timbunan sampah. Bank Sampah yang merupakan kegiatan bersifat social engineering yang mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pengolahan sampah secara bijak dan pada gilirannya akan mengurangi sampah yang diangkut ke TPA.

Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berisi tentang perbandingan pengelolaan sampah di Bank Sampah Malang (BSM) dan Bank Sampah Jombang (BSJ). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam kepada informan serta dokumentasi dan observasi yang dilakukan di BSM dan BSJ. Data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari dokumen resmi dari Pemerintah Kota Malang dan Kabupaten Jombang, dan data pendukung yang diperoleh dari Bank Sampah Malang (BSM) dan Bank Sampah Jombang (BSJ), serta jurnal nasional maupun internasional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSM dan BSJ memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang berbeda. Hal Ini dikarenakan BSM dan BSJ memiliki berbagai faktor eksternal dan internal yang berbeda, sehingga penentuan strategi BSM dan BSJ juga berbeda. Komparasi BSM dan BSJ dalam pengelolaan sampah terdapat 6 aspek seperti 1) jenis sampah yang diterima di bank sampah, 2) jenis klasifikasi sampah anorganik yang diterima, 3) macam-macsm pengelolaan sampah anorganik, 4) macam-macam pengelolaan sampah organik, 5) program pengelolaan sampah, 6) jenis tabungan pengelolaan sampah. Dari keenam aspek tersebut, BSM cenderung lebih unggul dalam pengelolaan sampah daripada BSJ. Keunggulan BSM diantaranya adalah jenis sampah yang diterima, jenis klasifikasi sampah anorganik, program pengelolaan sampah, dan juga jenis tabungan. Sedangkan dalam macam-macam pengelolaan sampah, BSM dan BSJ mempunyai masing-masing keunggulan dalam pengelolaan sampah anorganik.