SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nilai Tukar Dan Suku Bunga Terhadap Jakarta Islamic Index (JII), Dengan Inflasi sebagai Variabel Intervening

Arzakul Nur Kholis

Abstrak


ABSTRAK

 

Nur Kholis, Arzakul. 2018. Pengaruh Nilai Tukar Dan Suku Bunga Terhadap Jakarta Islamic Index (JII), Dengan Inflasi sebagai Variabel Intervening.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA.

 

Kata Kunci : Nilai Tukar, Suku Bunga, Inflasi, Jakarta Islamic Index (JII), Analisis Jalur (Path Analysis).

Fluktuasi harga saham sangat erat kaitannya dengan kondisi perekonomian suatu negara secara makro, nilai tukar, suku bunga dan inflasi merupakan faktor penting dalam mempengaruhi naik turunnya suatu saham, Jakarta islamic index merupakan barometer bagi 30 saham syariah yang listing di dalamnya. Terdapat adanya gap teori dan gap research yang menyatakan bahwa nilai tukar, suku bunga dan inflasi berpengaruh terhadap Jakarta islamic index, namun nilai tukar dan suku bunga juga berpengaruh terhadap inflasi.

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung  nilai tukar dan suku bunga terhadap Jakarta Islamic Index (JII), serta pengaruh tidak langsung inflasi dan suku bunga terhadap Jakarta Islamic Index (JII) melalui Inflasi sebagai Variabel Intervening.  Populasi penelitian adalah Jakarta Islamic Index dengan sampel penelitian data Jakarta Islamic Index periode Maret 2013- Agustus 2017. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis).

Hasil analisis menunjukkan Variabel Inflasi berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap JII, Suku Bunga berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap JII, nilai tukar berpengaruh negatif namun tidak siginifikan terhadap JII. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Inflasi  mampu memediasi hubungan antara suku bunga terhadap JII karena nilai pengaruh langsungnya lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsung melalui inflasi (-0, 409 < -0,18934). Disebabkan nilai tukar tidak berpengaruh secarasiginifikan terhadap JII maka tidak bisa dilakukan pengujian jalurnya.