SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP LITERASI KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMANEGERI 2 BATU

Atika Romadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Literasi keuangan adalah pengetahuan dasar mengenai keuangan, apabila anak tersebut memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan maka dia akan mampu mengelola uang dengan baik. Literasi keuangan ini diajarkan sedini mungkin baik itu melalui pendidikan keluarga maupun pendidikan sekolah agar terbentuk suatu karakter pengelolaan keuangan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap literasi keuangan siswa, 2) pengaruh hasil belajar ekonomi literasi keuangan siswa, dan 3) pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga dan hasil belajar terhadap literasi keuangan siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deksriptif , dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan data dianalisis menggunakan program IBM SPSS 22 for windows. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 2 BATU yang berjumlah 121 siswa dan sampel penelitian berjumlah 92 siswa diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi untuk melihat hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi dalam keluarga dan hasil belajar ekonomi berpengaruh secara parsial terhadap literasi keuangan siswa. Uji F hitung menunjukkan bahwa secara simultan pendidikan ekonomi dalam keluarga dan hasil belajar ekonomi mempunyai pengaruh positif secara simultan terhadap literasi keuangan. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu, 2) Hasil belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu, dan 3) Pendidikan ekonomi dalam keluarga dan Hasil belajar ekonomi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMAN 2 Batu.

Saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat memiliki literasi keuangan dengan baik, sehingga siswa mampu mengaplikasikannnya dalam kehidupan sehari-hari ketika mereka akan berkonsumsi, kemudian pendidikan sangat penting bagi seorang siswa untuk lebih memahami mengenai cara mengelola keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan memanfaatkan uang dengan sebaik-baiknya.