SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 BATU

Siti Khoriah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoriah, Siti. 2018. “Studi Komparasi Metode Pembelajaran Brainstorming dan Metode Pembelajaran Artikulasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci: artikulasi, brainstorming, hasil belajar

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu. Diantaranya adalah siswa yang ragu dalam menyampaikan pendapatnya di dalam kelas, siswa cenderung ramai dan berbicara sendiri pada saat proses pembelajaran berlangsung. Masalah ini memberikan dampak buruk terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Rancangan penelitian untuk mengatasi masalah yang terjadi diatas adalah dengan penerapan metode pembelajaran yang sesuai. Diantara banyak metode pembelajaran, metode pembelajaran brainstorming dan artikulasi dianggap tepat dalam menyelesaikan masalah ini. Penerapan kedua metode ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil yang diberikan akibat penerapan kedua metode pembelajaran. Selain untuk menyelesaikan masalah diatas, peneliti ingin mengetahui perbandingan kedua metode pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Batu yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample  Test (Uji t).

Berdasarkan hasil penelitian, data kemampuan awal siswa (pre-test) pada kelas eksperimen memiliki nilai mean 57,50. Dan dikelas kontrol memiliki nilai mean yang sama yaitu 57,50. Dari hasil nilai mean dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa adalah sama. Sedangkan pada data kemampuan akhir (post-test)siswa memiliki nilai mean yang berbeda. Nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 82,75 dan nilai mean pada kelas kontrol adalah sebesar 79,75. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kedua memiliki kemampuan akhir yang berbeda. Hal ini didukung dengan hasil datagain score pada kelas eksperimen memiliki nilai mean 25,63 sedangkan di kelas kontrol memiliki nilai mean 21,78. Uji hipotesis menggunakan independent sample test pada nilai post-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 (nilai probabilitas), artinya kedua kelas memiliki perbedaan hasil belajar setelah diajar dengan kedua metode pembelajaran yaitu brainstormingdanartikulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan metode brainstorming memiliki hasil yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode artikulasi.

Saran yang diberikan penulis dari penelitian ini adalah sebaiknya guru mata pelajaran ekonomi menerapkan metode pembelajaran brainstoming, sebagai alternatif penggunaan metode pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya alangkah lebih baik jika melakukan penelitian terkait metode pembelajaran brainstormingdan artikulasi.

 

SUMMARY

 

Khoriah, Siti. 2018. “Comparison Study of Brainstorming Learning Methods and Articulation Learning Methods to the Result of Studying Economics Students XI IPS at  SMA Negeri 2 Batu. Undergraduate Thesis Departement of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Keywords: brainstorming, articulation, learning outcomes

The implementation of this research is influenced by some of the problems that happened in grade XI Social Studies at SMA Negeri 2 Batu. Among them are students who doubt in convey their opinions in the classroom, the students tend to many and speak for itself on when the learning process takes place. This problem give negative impacts on the results of studying economics students. These problems can be resolved with the implementation of appropriate learning methods. The method selected by the researchers is brainstorming learning method and articulation learning method. For that reason, researchers conducting research is to know the difference between the results of studying economics student who taught with brainstorming method andarticulated method.

This research uses quantitative research method with the types of experimental studies facades (quasi experimental group design). The population in this research is the whole class XI IPS at SMA Negeri 2 Batu that consists of 4 class. While the samples in this research is the grade XI IPS 1 as control classes and grade XI IPS 2 as the class of the experiment. For the determination of the hypothesis in this research using Independent test Sample Test T Test (t).

Based on the results of research, capability data beginning students (pre-test) on classroom experiments have the value of the mean 57,50. And control grades have the same mean value namely 57,50. From the result of the value of the mean can be concluded that the capability of the beginning of the students is the same. While the data on the ability of the end (post-test) students have different mean values. The value of the mean on the class of 82,75 experiments and the value of the mean on the control class is 79,75. Based on the results of this can be deduced that both have the ability to end that different. This is supported by the results of the data in the class score gains experiment has a value mean 25,63 while in the control class has a value of mean 21,78. Hypothesis test using independent sample test on the value of the post-test shows the value of Sig.(2-tailed) is the lowest infection rate was from 0.00 < 0.05 (probabilistic value), it means that the two classes have a difference in the study after being taught by the two learning methods namely brainstorming andarticulation. The conclusion from this research is the result of economic learning students who are taught by the method of brainstorming has higher results from the students who are taught using articulated method.

The suggestions given by the author of this research is the subject teachers should implement learning methods brainstoming economy, as an alternative the use of learning methods. For researchers then it would be better if doing research related to the articulated method of learning and brainstorming. And for Economic Education Study Program should make the research results as inputs related to the use of articulated method of learning and brainstorming.