SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh jumlah uang saku, kontrol diri, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas xi ips sma negeri 3 kota probolinggo

vila yuanditra

Abstrak


ABSTRAK

 

Perilaku konsumtif mempunyai dua faktor, yaitu faktor internal daneksternal. Dalam penelitian ini jumlah uang saku dan kontrol diri tergolong dalamfaktor internal, sedangkan gaya hidup tergolong faktor eksternal. Jika seseorangmemiliki jumlah uang saku yang lebih dan mereka tidak dapat mengontrol diribahkan ketika merekatidak dapat memutuskan saat membeli suatu barang, makamereka sudah memiliki perilaku konsumtif. Rumusan masalah dalam penelitianini, yaitu: (1) Apakah adapengaruh jumlah uang saku terhadap perilaku konsumtifsiswa KelasXI IPS SMA Negeri 3KotaProbolinggo,(2)Apakah ada pengaruhkontrol diri terhadap perilaku konsumtif siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3KotaProbolinggo,(3)Apakah ada pengaruh gaya hidup siswa terhadap perilakukonsumtif siswa KelasXI IPS SMA Negeri 3KotaProbolinggo,(4)Apakah adapengaruh jumlah uang saku, kontrol diri, dan gaya hidup terhadap perilakukonsumtif siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3KotaProbolinggo?

Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatifdeskriptif. Teknik pengambilan sampel adalahrandom samplingdari 104 siswadiambil 82 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuisioner.Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Variabel penelitian inimeliputi jumlah uang saku (X1), kontrol diri (X2), gaya hidup (X3), dan perilakukonsumtif (Y).Berdasarkan hasilUji hipotesismenunjukkan bahwa jumlah uang saku dankontrol diri tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif,sedangkan gaya hidup berpengaruh negatif secara parsial terhadap perilakukonsumtifdan secara simultan variabeljumlah uang saku, kontrol diri, dan gayahidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.Berdasarkan hasil analisis tersebut, hal ini menunjukkan bahwa jumlahuang saku, kontrol diri, dan gaya hidup siswa berpengaruh signifikansi terhadapperilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Probolinggo.

Dengandemikian, peneliti memberikan saran kepada (1) Peneliti selanjutnya diharapkanmenggunakan variabel bebas diluar peneltian yang sudah diteliti, (2) Orang tuadiharapkandapatmeminimalisirkan jumlah uang sakusaatdiberikan ke anak agaranaklebih bisa menghargai uang, (3) Sekolah diharapkandapatmembimbing danmengingatkan siswanya agar lebih menghargai uang, mengontrol diri, danmempertimbangkan keputusannya saat mengonsumsi suatu barang karena haltersebut siswa akan lebih menghargai uang dan tidak mengonsumsi suatu barangsecara berlebihan.