SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Keputusan Siswa dalam Memilih Program Lintas Minat Ekonomi Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang

Yuntafiani Mufidatu Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Yuntafiani Mufidatu. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Keputuasan Siswa dalam Memilih Program Lintas Minat Ekonomi Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

 

Kata Kunci : Faktor – Faktor, Keputusan Siswa, Minat pada Program Lintas Minat Ekonomi

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dapat memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk melaksanakan program lintas minat yang dapat mewadahi minat siswa berkaitan dengan ketertarikan siswa pada mata pelajaran di luar penjurusannya. Berkaitan dengan ketertarikan siswa ini, di SMA Negeri 1 Tumpang salah satu program lintas minat yang dapat menarik minat sebagian besar siswa adalah program lintas minat pada mata pelajaran ekonomi. Keinginan yang cukup besar dalam mempelajari mata pelajaran ekonomi menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan bagi siswa dalam memilih program lintas ekonomi. Sehubungan dengan hal ini masih banyak faktor yang dapat melatarbelakangi keputusan siswa dalam memilih program lintas minat ekonomi maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan siswa dalam memilih program lintas minat ekonomi.

Dalam pelaksanaan program lintas minat ekonomi ini, penulis menemukan sebuah fenomena mengenai banyaknya siswa kelas XI MIA yang memilih program lintas minat ekonomi. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah total siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang adalah sebanyak 396 siswa. Dengan jumlah siswa di kelas XI MIA sebanyak 191 siswa, jumlah siswa kelas XI IIS sebanyak 167 siswa, dan jumlah siswa di kelas XI Bahasa sebanyak 38 siswa. Dari 191 siswa yang berada pada jurusan MIA, yang memilih program lintas  minat ekonomi diketahui sebesar 160-170 siswa,. Hal ini melebihi jumlah kuota yang disediakan oleh pihak sekolah yakni terdapat 4 kelas dengan daya tampung masing-masing kelas maksimal berjumlah 40 siswa, sehingga dibutuhkan 160 siswa yang dapat mengikuti program lintas minat ekonomi.

Berkaitan dengan fenomena mengenai banyaknya siswa yang memilih program lintas minat ekonomi tersebut, pastilah terdapat faktor-faktor yang melatarbelakangi siswa memilih program lintas minat ekonomi. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan siswa dalam memilih program Lintas Minat Ekonomi kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Tumpang yang terletak di Jalan Kamboja 10 Malangsuko, Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi karena peneliti berusaha memahami fenomena yang terjadi dalam subyek penelitian. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Salah satu teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi data. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan, untuk analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa faktor yang melatarbelakangi keputusan siswa dalam memilih program lintas minat ekonomi ada dua, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal seperti keinginan sendiri siswa hal ini berkaitan dengan adanya dorongan batin untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa, kemudian bakat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan siswa, motivasi yang timbul dari pengalaman belajar siswa, dan cita-cita untuk sukses dimasa depan. Kemudian, untuk faktor eksternal yang ada meliputi adanya dorongan dari pihak keluarga, faktor teman, faktor kemampuan sekolah, dan faktor kehidupan lingkungan masyarakat.