SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Peran Industri Batik Tulis Gedog dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

Rita Nur Malisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Malisa, Rita Nur. 2018. Analisis Peran Industri Batik Tulis Gedog Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sugeng Hadi Utomo, M.S.

 

Kata Kunci: Peran, Industri Batik Tulis Gedog, dan Kesejahteraan Masyarakat.

Sektor industri telah dipandang sebagai sektor yang mampu menjadi kunci pencapaian kesejahteraan di negara berkembang. Industri batik tulis bersifat padat karya sehingga mampu menyerap banyak tenaga kerja, menambah pendapatan masyarakat, dan menumbuhkan usaha baru. Keberadaan industri batik ditengah masyarakat merupakan dua komponen yang saling menguntungkan sehingga peran industri dapat dikatakan besar untuk masyarakat. Namun dalam perjalanannya terdapat beberapa hambatan karena ketersediaan bahan baku yang kurang mendukung, penurunan produksi karena tenaga kerja yang diperlukan mulai berkurang, dan penurunan pendapatan pemilik industri batik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Penelitian deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi kesejahteraan masyarakat di  Desa Jarorejo Kecamatan Kerek Kabupaten  Tuban. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pengusaha, pekerja batik tulis gedog, dan hasil observasi yang dilakukan peneliti. Data sekunder didapatkan dari kantor kepala desa Jarorejo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan industri batik tulis gedog dilihat dari modal, produksi, tenaga kerja, dan pemasaran mengalami kenaikan yang cukup baik. Peran industri batik tulis gedog dalam masyarakat semakin meningkat seiring dengan perkembangan industri. Peran industri tersebut yaitu dengan penyerapan tenaga kerja, pendapatan masyarakat yang meningkat, pelatihan keterampilan yang semakin baik, dan munculnya industri baru di Desa Jarorejo. Kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan sosial ekonominya sehingga dengan adanya industri batik tulis gedog mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.