SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perilaku Konsumtif dan Perilaku Menabung Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014

Ahmad Abdur Rohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Bidikmisi merupakan program beasiswa pemerintah yang diperuntukan bagi  mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang memiliki potensi akademik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi namun kemampuan ekonominya kurang. Dana bantuan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa tersebut harus dapat dikelola secara mandiri dan bijaksana oleh setiap mahasiswa bidikmisi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan pendidikannya. Pengunaan dana beasiswa bidikmisi oleh para mahasiswa penerimanya tidak lepas dari kegiatan konsumsi dan menabung. Sebagian mahasiswa ada yang secara bijak menggunakan dana beasiswa untuk konsumsi kebutuhan pokok, kebutuhan pendidikan dan menyisisihkan sebagian dana untuk ditabung guna berjaga-jaga apabila di masa depan ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi. Namun sebagian mahasiswa juga ada yang berperilaku konsumtif menggunakan dana beasiswa tersebut untuk memenuhi kebutuhan tersiernya seperti digunakan untuk pergi liburan, belanja pakaian branded, atau membeli gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana perilaku konsumtif dan perilaku menabung mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2014 yang sebernarnya terjadi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemelihan subyek penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa aktif angkatan 2014 yang menjadi penerima beasiswa bidikmisi di Jurusan Ekonomi Pembangunan. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik, yaitu: (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara, dan (3) teknik dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisis hingga dapat menjadi hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tahapan-tahapan analis data penelian yang meliputi (1) Reduksi data, (2) Display data, dan (3) Penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku konsumtif yang dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2014, terbagi menjadi dua golongan yaitu tergolong rendah dan sedang. Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang memiliki perilaku konsumtif rendah terkendala oleh keterbatasan pendapatan, sehingga tidak dapat leluasa dalam melakukan konsumsi. Sedangkan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang memiliki perilaku konsumtif sedang dapat melakukan konsumsi yang lebih tinggi karena memiliki tambahan pendapatan yang cukup besar. Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dalam membuat keputusan konsumsi atau membeli barang masih mempertimbangkan beberapa hal dalam pembelian, seperti tingkat kebutuhan terhadap produk, kegunaan dan kualitas barang, serta besar pendapatan atau budget yang dimiliki. Perilaku konsumtif mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu: (1) Pendapatan, (2) Kepribadian, (3) Presepsi terhadap produk, dan factor eksternal, yaitu (1) Kelompok acuan, (2) Keluarga. Kegiatan menabung mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dilakukan secara kondisional. Kegiatan menabung yang dilakukan setiap bulan tergantung pada besarnya konsumsi yang dilakukan. Saran dalam penelitian ini yaitu; (1) Sebaiknya mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi lebih bijak dalam mempertimbangkan keputusan pembelian suatu produk mengingat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dan amanah yang dtitipkan pada pemberian dana bantuan beasiswa, sehingga mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dapat menggunakan dana bantuan beasiswa dan pendapatan tambahan lainnya untuk kebutuhan dan keperluan yang menunjang studinya. (2) Dalam kegiatan menabung sebaiknya mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi mampu mengelola keuangannya dengan baik, sehingga dengan dana beasiswa yang diberikan dapat mencukupi kebutuhan mahasiswa selama masa studinya.