SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Self Regulated Learning dengan Model Pembalajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang

Agnes Tutut Setianingsih

Abstrak


RINGKASAN

 

 

Setianingsih, Agnes Tutut. 2018. Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Self Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., Ak., M.P.

Kata kunci: hasil belajar, Self Regulated Learning, Reciprocal Teaching

 

            Keberhasilan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh faktor guru dalam mengelola pembelajaran maupun factor dari siswa itu sendiri. Dalam belajar, umumnya siswa mampu mengatur sendiri apa yang harus mereka lakukan. Hal ini sesuai dengan karakteristik siswa sebagai pebelajar yang mandiri. Pengelolaan pembelajaran dapat dilakukan guru dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Selain itu, model pembelajaran yang baik adalah yang secara efektif dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.  Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sebagai pebelajar yang mandiri, yaitu model pembelajaran Self Regulated Learning dan Reciprocal Teaching.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan membandingkan efektivitas model pembelajaran Self Regulated Learningdan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian uji beda dengan menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling untuk menentukan dua dari tiga kelas yang ada. Ditentukan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal pre-test dan post-test berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji T, yaitu untuk melihat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa (post-test) dan untuk melihat efektivitas model pembelajaran dengan membandingkan rata-rata gain score.

            Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan, baik rata-rata hasil belajar (post-test) maupun rata-rata gain score antara kelas SRL dan kelas RT. Rata-rata hasil belajar (post-test) dan rata-rata gain score kelas SRL lebih tinggi disbanding kelas RT, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Self Regulated Learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.