SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Belajar dan Kemampuan Bersosialisasi Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS MA Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018

Nur Laili Kurnia Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Nur Laili Kurnia. 2018. Pengaruh Metode Belajar dan Kemampuan Bersosialisasi Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS MA Bilingual Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

 

Kata kunci: metode belajar, kemampuan bersosialisasi siswa dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MA Bilingual Batu pada tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas X IIS masih belum optimal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya metode belajar dan kemampuan bersosialisasi siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah pengaruh metode belajar dan kemampuan bersosialisasi siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu baik seraca simultan dan parsial.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu yang berjumlah 69 siswa. Variabel yang diteliti yaitu metode belajar, kemampuan bersosialisasi siswa dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi. Metode pengambilan data menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi (R2) serta sumbangan efektif dengan menggunakan SPSS 23 dan EViews 9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara metode belajar dan kemampuan bersosialisasi siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu. Secara simultan dibuktikan dengan uji simultan (uji F) diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial dibuktikan dengan uji parsial (uji t) diperoleh signifikansi pada metode belajar sebesar 0,000 < 0,05 dan kemampuan bersosialisasi siswa sebesar 0,003 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara metode belajar dan kemampuan bersosialisasi siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu sebesar 65%, sedangkan 35 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara metode belajar dan kemampuan bersosialisasi siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IIS MA Bilingual Batu pada tahun ajaran 2017/2018. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk memotivasi siswa dan kepada guru sebagai pendidik untuk melakukan pembinaan kepada siswa dalam melaksanakan metode belajar dengan tepat dan memberikan pelayanan bimbingan serta penyuluhan kepada siswa untuk menciptakaan relasi yang baik antarsiswa agar dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap proses belajar siswa, sehingga dapat mendorong pada pencapaian hasil belajar yang baik pada mata pelajaran Ekonomi.

 

ABSTRACT

 

Dewi, Nur Laili Kurnia. 2018. Influence of Learning Method and Student Socializing Ability to Student Learning Result of Economics Subject of Class X IIS MA Bilingual Batu of Academic Year 2017/2018. Sarjana’s Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E.

 

Keywords: learning method, student’s socializing ability and learning result of Economics subject

Based on the result of preliminary research conducted at MA Bilingual Batu in the academic year 2017/2018 showed that the achievement of the result of students learning class X IIS is still not optimal. There are several factors that influence student learning outcomes, including learning methods and student’s social skills. The problem of this research is whether there is influence of learning method and ability of student socialize to result of learning subject Economics student of class X IIS MA Bilingual Batu both simultaneously and partially.

The population in this study is all students of class X IIS MA Bilingual Batu, amounting to 69 students. The variables studied were the method of learning, the ability of socializing students and the result of learning subjects Economics. Methods of data collection using questionnaires, documentation, and interview techniques. Data analysis method used is descriptive data analysis, multiple linear regression analysis, hypothesis test, coefficient of determination (R2) and effective contribution by using SPSS 23 and EViews 9.

The result showed that there is a significant influence between learning methods and the ability to socialize students on the results of learning subjects Economics students class X IIS MA Bilingual Batu. Simultaneously evidenced by the simultaneous test (F test) obtained significance of 0,000 < 0,05. Partially proved by partial test (t test) obtained by significance at learning method equal to 0,000 < 0,05 and in student social ability equal to 0,003 < 0,05. So it can interpreted that there is a significant influence betweet learning methods and the ability to socialize students to the result of learning subjects Economics students class X IIS MA Bilingual Batu of 65%, while 35% influenced by other factors not studied in this study.

Based on the results of the study can be concluded that there is a significant influence between learning methods and the ability to socialize students on the result of learning subjects Economics students class X IIS MA Bilingual Batu in the academic year 2017/2018. It is expected to the school to motivate students and to teachers as educators to do coaching to students in implementing learning methods appropriately and provide guidance and counseling services to students to create good relationships between students in order to give a positive influence on student learning process, so it can encourage on the achievement of good learning outcomes on Economic subjects.