SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Edo Dwantoko. 2018. Pengaruh Pengetahuan Opportunity Cost Dan Sikap Dalam Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan Terhadap Tingkat Pengelolaan Uang Saku Siswa.

Edo Dwantoko Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widodo, Edo Dwantoko. 2018. Pengaruh Pengetahuan Opportunity Cost Dan Sikap Dalam Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan Terhadap Tingkat Pengelolaan Uang Saku Siswa. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing:Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., M.Si.

 

Kata Kunci:pengetahuanopportunity cost, sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan, tingkat pengelolaan uang saku

Uang saku akan mengasah keterampilan siswa membuat keputusan terhadap pilihan-pilihan kebutuhan yang dimilikinya. Pengelolaan uang saku yang baik didasari dengan pengetahuan kognitif konsep dasar ilmu ekonomi dalam pengelolaan uang saku yang baik pula dan didasari dengan kemampuan siswa dalam bersikap (berperilaku) terhadap pilihan-pilihan kebutuhan mana saja yang harus diprioritaskan.Salah satu konsep dasar ilmu ekonomi yang berkaitan dengan pengelolaan uang saku yaitu opportunity cost. Pengetahuan opportunity costdapat ditingkatkan melalui pembelajarandi dalam kelas untuk siswa SMA (Sekolah Menengah Atas). Berdasarkan masalah tersebutmaka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh pengetahuanopportunity cost dan sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pengetahuanopportunity cost terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa (2) pengaruh penerapan sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa (3) pengaruh pengetahuanopportunity cost dan penerapan sikap dalam menentukan skala prioritas terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa.

Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan opportunity costberpengaruh terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa sebesar 13,63% (2)penerapan sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan berpengaruh terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa sebesar 59,27% (3)pengetahuan opportunity cost dan sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa sebesar 72.9%.

Berdasarkan uji analisis, maka dapat ditarik kesimpulan: (1) pengetahuan opportunity costberpengaruh terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa (2)penerapan sikap dalam menentukan skala prioritas kebutuhan berpengaruh terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa (3)pengetahuan opportunity cost dan penerapan sikap dalam menentukan skala prioritas terhadap tingkat pengelolaan uang saku siswa.

 

SUMMARY

 

Widodo, Edo Dwantoko. 2018. The Influence fromKnowledge of Opportunity Cost and Attitude in Determining the Priority Scale of Needs on the Level of Student Pocket Money Management. Undergraduate Thesis. Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Supervisor: Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., M.Si.

 

Keywords: knowledge of opportunity cost, attitude in determining priority scale of need, level of pocket money management

The allowance will hone the skills of students making decisions on the choices their needs have. Good pocket money management is based on cognitive knowledge of the basic concepts of economics in the management of pocket money is also good and based on the ability of students in attitude (behave) to the choice of which needs should be prioritized. One of the basic concepts of economics related to pocket money management is opportunity cost. Knowledge of opportunity cost can be increased through learning in the classroom for high school students (High School). Based on the problem, it is necessary to do research on the influence of knowledge of opportunity cost and attitude in determining the priority scale of the need for the student pocket management level. This study aims to analyze: (1) the influence of knowledge opportunity cost on student pocket management level (2) the influence of attitude implementation in determining the priority scale of need to the student pocket management level (3) the influence of knowledge of opportunity cost and the application of attitude in determining the priority scale on the level of student pocket money management.

The result of the analysis test in this research shows that: (1) the knowledge of opportunity cost has an effect on the student pocket management level of 13.63% (2) the application of attitude in determining the priority scale of the need affects the student pocket management level of 59.27%) knowledge of opportunity costs and attitudes in determining the priority scale of the need for the level of student pocket money management of 72.9%.

Based on the analysis test, it can be concluded: (1) the knowledge of opportunity cost has an effect on the student pocket management level (2) the application of attitude in determining the priority scale of the need affects the student pocket management level (3) the knowledge of opportunity cost and the application of attitude in determining priority scale on the level of student pocket money management.