SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intensitas Pembelian Secara Online, Teman Sebaya, Persepsi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Firdan Belado Romadona

Abstrak


ABSTRAK

 

Romadona, Firdan Belado. 2018. Pengaruh Intensitas Pembelian Secara Online, Teman Sebaya, Persepsi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono M.Pd.

 

Kata Kunci: Intensitas Pembelian Secara Online, Teman Sebaya, Persepsi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Berwirausaha.

Pengangguran merupakan masalah terbesar di Indonesia, kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya SDM yang menyebabkan tingginya angka pengangguran. Masalah tersebut dapat diperkecil dengan berwirausaha. Wirausaha harus diajarkan pada siswa sejak dini. Dengan adanya mata pelajaran prakarya dan kewirausahan siswa dapat belajar mengenai kewirausahan. Selain itu siswa juga dapat belajar wirausaha melalui internet dan teman sebaya. Dengan adanya dorongan orang tua siswa dapat menumbukan minat berwirausaha.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah intensitas pembelian secara online (X1), teman sebaya (X2), persepsi mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (X3), status social ekonomi orang tua(X4)dan variabel dependen adalah minat berwirausaha (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen secara parsial dan secara simultan. Peneliti Memilih SMA Negeri 7 Malang sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XI IPS sebagai sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 86 siswa, dalam pemilihan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus maksimum likelihood diperoleh sampel sebanyak 53 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Analisis Data Statistik (4) Uji Regresi Berganda, (5) Uji Asumsi Klasik dan (6) Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa intensitas pembelian secara online, teman sebaya, persepsi mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, dan status sosial ekonomi orang tua  mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat berwirausaha siswa.  Pengaruh simultan sebesar 86,0% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 32,75% (intensitas pembelian secara online), 19,57% (teman sebaya), 25,30% (persepsi mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan) dan 8,38% (status sosial ekonomi orang tua). Intensitas pembelian secara online mempunyai pengaruh yang dominan terhadap minat berwirausaha. Saran yang tuju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi pendidik, (2) Bagi orang tua dan (3) Bagi peneliti selanjutnya.