SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (PEL) TERHADAP PRODUKTIVITAS SAPI PERAH DI KABUPATEN MALANG (Studi Kasus Kecamatan Jabung,Kabupaten Malang)

Nabatiara Azizah Azelini

Abstrak


ABSTRAK

 

Desa Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang merupakan salah satu desa yang dikenal dengan budidaya sapi perahnya. Berdasarkan Observasi yang telah dilakukan, Produksi susu sapi yang dihasilkan oleh sapi perah di desa slamparejo cukup banyak setiap harinya. Adanya peternakan sapi perah dapat membantu masyarakat sekitar dalam meningkatkan ekonominya, mengurangi pengangguran dan menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat di sekitar desa slamparejo. Sehingga, masyarakat berharap untuk kedepannya agar peternakan sapi perah lebih berkembang lebih baik lagi untuk memproduksi susu sapi yang berkualitas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pengembangan ekonomi lokal terhadap produktivitas sapi perah di desa slamparejo. Pengembangan ekonomi lokal terdiri dari 6 dimensi yaitu factor lokasi, kelompok sasaran, kesinergian dan fokus kebijakan, tata pemerintahan, proses manajemen dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan pada sejumlah peternak sapi perah yang ada disana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan alat analisis berupa RALED.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebenarnya pengaruh pengembangan ekonomi lokal dari segi factor lokasi, kelompok sasaran, kesinergian dan fokus kebijakan, pembangunan berkelanjutan, tata pemerintahan dan proses manajemen terhadap sapi perah di desa slamparejo dapat dikatakan sudah cukup baik. Hanya saja, peran pemerintah daerah sendiri yang kurang memfasilitasi adanya perkumpulan para peternak sapi yang ada. Sehingga untuk lebih mengembangkan produksi sapi perah para peternak sapi merasa kesulitan, baik dalam hal administrasi maupun dalam hal pemasaran. Selain itu kualitas SDM juga perlu ditingkatkan agar para peternak sapi lebih mampu untuk bersaing dengan para peternak sapi di daerah lainnya sehingga dapat menghasilkan produk hasil sapi perah yang lebih bagus dan berkualitas.