SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu

Heru Hizbulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Hizbulloh, Heru. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., M.Si

 

Kata Kunci:Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batumasih tegolong rendah jika dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar ekonomi dan bisnis. Rendahnya motivasi belajar siswa tersebut dikarenakan siswa kurang memiliki peran serta dalam proses pembelajaran, pada pembelajaran ekonomi dan bisnis terlalu berpusat kepada guru (Teacher Centered). Proses pembelajaran yang berpusat pada guru tersebut menimbulkan permasalahan belajar yaitu siswa memiliki sifat individualisme yang tinggi sehingga jarang terjadi interaksi antar siswa untuk saling membantu jika ada teman yang kurang memahami materi pelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran ekonomi dan bisnis yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu Teams Games Tournament  (TGT).Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di SMK Islam Batu, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XAkuntansi 3SMK Islam Batu pada matapelajaran ekonomi dan bisnis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XAkuntansi 3SMK Islam Batu pada matapelajaran ekonomi dan bisnis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT).

Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (ptk). Data pada penelitian ini antara lain; 1) observasi awal, 2) motivasi belajar siswa, 3) hasil belajar siswa. adapun alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pre test dan post test, lembar observasi, dan catatan lapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu serta guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis. Data motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi 3 diperoleh dari rata-rata hasil pengamatan siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa kelas X Akuntansi 3 ditinjau dari aspek kognitif diperoleh dari hasil post test pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 79,9 meningkat menjadi 93,2 pada siklus II, dengan prosentase ketuntasan kelas sebesar 66,66% pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II. Ditinjau dari aspek afektif diperoleh melalui hasil pengamatan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I  sebesar 65% meningkat menjadi 88,75% pada siklus II.

Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu, 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat, 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat. Ada beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain: 1) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi permintaan dan penawaran dikarenakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi permintaan dan penawaran dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk sering memberikan siswa tugas untuk didiskusikan secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kerjasama antar siswa, dan 4) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis dalam menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana pembelajaran, media pembelajaran, bahan pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

 

SUMMARY

 

Hizbulloh, Heru. 2018.Implementation of Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) to Improve Learning Motivation and Learning Outcomes in Economci and business Class X Accounting 3 of SMK Islam Batu. Under Graduate Thesis, Economic Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., Msi

 

Key words:Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT), Learning Motivation, Learning Outcomes

Students' economic and business learning outcomes Class X Accounting 3 of SMK Islam Batu is still relatively low when compared with other classes. This is because students are less motivated to learn economics and business. The low motivation of student learning is because students have less participation in the learning process, on learning economy and business too centered to the teacher (Teacher Centered). The teacher-centered learning process raises the problem of learning that students have high individualism so rarely interaction between students to help each other if there are friends who do not understand the subject matter. Efforts to overcome these problems required an economic and business learning model that can improve students' motivation and learning outcomes Teams Games Tournament (TGT). The purpose of this research are: 1) to know the application of cooperative learning model of type of toys games tournament (TGT) at SMK Islam Batu, 2) to know the motivation of student learning class X Accounting 3 SMK Islam Batu in economic and business lesson by using cooperative learning model type teams games tournament (TGT), 3) to find out the results of students' study of class X Accounting 3 SMK Islam Batu in economic and business lessons using cooperative learning model of teams games tournament (TGT) type.

Based on the problems and objectives of the research, this study used a qualitative approach with classroom action research (ptk). Data in this study include; 1) preliminary observation, 2) student learning motivation, 3) student learning outcomes. The data collection tool uses interview guides, pre test and post test, observation sheet, and field notes. Sources of data in this study are students of Class X Accounting 3 SMK Islam Batu as well as economic and business subjects teachers. The data of students' learning motivation of Grade X Accounting 3 is obtained from the average of observation cycle I at 65% to 86% in cycle II. While the result of study of economics and business class X Accounting 3 student viewed from cognitive aspect obtained from result of post test in cycle I have average value equal to 79,9 increasing to 93,2 in cycle II, with percentage of mastery of class equal to 66,66% in the first cycle increased to 97% in cycle II. Viewed from the affective aspect obtained through the observation of the average mastery learning in cycle I of 65% increased to 88.75% in cycle II.

Based on the formulation of problems and research results can be concluded that; 1) Application of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) can Increase Student Motivation and Learning Outcomes in Economy and Business Class Class X Class Accounting 3 SMK Islam Batu, 2) Student motivation on economic and business subjects class X Accounting 3 SMK Islam Batu after applied Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) increases, 3) Students' learning outcomes on economic and business subjects class X Accounting 3 SMK Islam Batu after applied Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) increases. There are several suggestions that researchers can convey include: 1) Economic and business subjects teachers of SMK Islam Batu advised to apply Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) on the material demand and supply because it can improve student learning motivation, 2) Eye teacher Economics and business lessons of SMK Islam Batu are advised to apply Cooperative Learning Model Teams Games Tournament (TGT) type on demand and supply materials because it can improve student learning outcomes, 3) Economics and business subject teachers of SMK Islam Batu are advised to often give students the task of discussed in groups, so as to enhance the active role of students in the learning process and can improve cooperation among students, and 4) Economic and business subjects teachers in applying Cooperative Learning Model Types Teams Games Tournament (TGT) need to set the time, prepare lesson plans, media pembe lessons, and appropriate learning materials so that the learning activities are run smoothly and in accordance with the plan.