SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup, Pendidikan Keuangan dalam Keluarga, dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018

Risma Khaula

Abstrak


RINGKASAN

Khaula, Risma. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup, Pendidikan Keuangan dalam Keluarga, dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, pergaulan teman sebaya, rasionalitas berkonsumsi

 

            Konsumsi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang dalam rangka memenuhi kebutuhan. Kegiatan konsumsi yang dilakukan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang terlihat jelas pada diri seseorang yaitu gaya hidup, yang tercermin dari bagaimana ia menjalankan kehidupan, memanfaatkan waktu yang dimiliki, dan cara ia membelanjakan uang serta persepsinya baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Sementara faktor eksternal di antaranya status sosial ekonomi orang tua, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya. Kesemua faktor yang telah disebutkan sebelumnya dapat menentukan perilaku konsumsinya, apakah akan menunjukkan tindakan yang rasional dalam berkonsumsi atau justru mengarah ke irasional dalam berkonsumsi.

            Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (2) pengaruh gaya hidup terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (3) pengaruh pendidikan keuangan dalam keluarga terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (4) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, dan (5) pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu eksplanasi serta populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah yang terdiri dari 4 kelas dengan total 132 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random dan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh sejumlah 99 sampel, sedangkan penyebaran untuk masing-masing kelas dilakukan secara proporsional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, di mana status sosial ekonomi orang tua memberikan sumbangan pengaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi sebesar 3,4%, sementara gaya hidup sebesar 5,1%, untuk pendidikan keuangan dalam keluarga sebesar 16,8%, dan pergaulan teman sebaya sebesar 5%. Dengan demikian. dapat disimpulkan bahwa rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya sebesar 30,3%, sedangkan sebesar 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Oleh karena itu, bagi pihak sekolah sebaiknya menjadikan pendidikan karakter sebagai fokus utama, bagi pihak guru hendaknya tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran, melaikan juga menyisipkan nilai-nilai positif sebagai bekal siswa belajar hidup mandiri, bagi orang tua sepatutnya lebih memberikan teladan yang baik dalam pengelolaan keuangan, serta bagi peneliti lain seyogyanya lebih memperluas variabel yang akan diteliti.


 

SUMMARY

 

Khaula, Risma. 2018. The Effect of Parent Social and Economic Status, Life Style, Finance Education in Family, and Peer Social Interaction on the Rationality of Consumption of XI IPS Students at MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Academic Year 2017/2018. Undergraduate Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Key Words:parent social and economic status, life style, finance education in                    family, peer social interaction, rationality of consumption

 

            Consumption is an activity which is aimed to decrease or to use up the functional value of something in order to fulfill needs. Consumption can be affected by some factors: internal and external factors. One of the internal factors which is obviously visible in oneself is life style, which is reflected on how he/she lives his/her life, spends his/her time, spends his/her money, and his/her perceptions towards both him/herself and his/her surroundings. Meanwhile, external factors include parent social and economic status, finance education in family, and peer social interaction. All of those factors can determine whether one’s consumption attitude is rational or irational.

            Therefore, this study was conducted to know (1) the effect of parent social and economic status on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah, (2) the effect of life style on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah, (3) the effect of finance education in family on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah, (4) the effect of  peer social interaction on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah, and (5) the effect of parent social and economic status, life style, finance education in family, and peer social interaction on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah. This study was conducted by using quantitative approach and belonged to explanation study. The population of this study included all of XI IPS students at MA Al-Ishlah which consisted of 4 classes with 132 students in total. The sampling was done randomly. Based on the calculation by using Slovin formula, 99 participants were needed. Meanwhile, the distribution for each class was done by using proportional random sampling using Slovin formula. The data were obtained through questionnaire and were analyzed by using descriptive statistic analysis and double linear regression.

            The result of the study showed that parent social and economic status, life style, finance education in family, and peer social interaction significantly affected the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah. Each of the factors had 3,4%, 5,1%, 16,8%, and 5% of effect respectively on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah. Thus, it could be concluded that the parent social and economic status, life style, finance education in family, and peer social interaction  had 30,3% of effect, whereas other factors outside the observed variables had 69,7% of effect on the rationality of consumption of XI IPS students at MA Al-Ishlah. Hence, character education should be prioritized at school. The teachers should not only deliver materials of lesson but also imply positive values to the students to live on their own. It is also strongly suggested that parents become excellent figures in financial management. Finally, for other researchers, it is highly suggested that they broaden the variables that are going to be observed in the future.