SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Intruction (TAI) untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo

Leny Syafiatun Nuriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru ekonomi bahwa model pembelajara  yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Ekonomi sudah bervariasi namun belum terlaksana dengan baik. Pembelajaran di kelas guru hanya menyampaikan materi inti tentang materi yang diajarkan kemudian guru memberikan tugas serta berdiskusi dengan teman sebaya atau teman satu bangku. Disamping itu juga pada saat berdiskusi tidak semua siswa paham dengan materi yang dipelajari, sehingga membutuhkan pembelajaran yang bersifat individual. Hendaknya guru memilih model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Intruction (TAI). Subyek penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 MA Arriyadlah Pandena yang berjumlah 22 siswa. jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan model pemelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I sebesar 73, 18%, pada siklus I terdapat sembilan siswa yang belum tuntas. Pada siklus II sebesar 80, 22%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkan, dikarenakan siswa yang belum tuntas hanya dua siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 7,04 %. Hal ini berarti model pembeljaran TAI dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, Team Assisted Intruction (TAI), hasil belajar.

 

ABSTRACT

 

Based on the observations and interviews with economic teachers that the model of learning applied by the subject teachers Economics has varied but not been done well. Teaching in the classroom teachers only convey core material about the material taught then the teacher gives the task and discuss with peers or friends one bench. Besides, at the time of discussion not all students understand the material being studied, thus requiring individualized learning. Teachers should choose the right learning model that is cooperative learning learning type Team Assisted Intruction (TAI). The subjects of this study are students of class XI IPS 1 MA ArriyadlahPandena which amounted to 22 students. the type of research used Classroom Action Research (PTK) with the purpose of learning TAI model can improve the learning outcomes of economic subjects. The results of this study showed that in cycle I of 73, 18%, in the first cycle there are nine unfinished students. In the second cycle of 80, 22%, on the second cycle of students who achieve the value of finishing meningkan, because students who have not completed only two students. Increased student learning outcomes from cycle I and cycle II amounted to 7.04%. This means that the learning model of TAI can improve the learning outcomes of economic subjects.

Keywords: cooperative learning model, Team Assisted Intruction (TAI), learning outcomes.