SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN VII Malang (Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam IPS Terpadu)

cahyani hidayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayah, Cahyani. 2010. Pengaruh Gaya Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang (Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam IPS Terpadu). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahjoedi, ME. (2) Drs. Prih Hardinto, M.Si 

 

Kata Kunci: Gaya Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar.

 

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, yang menjadi ciri khas dari masing-masing individu. Ada seorang siswa yang terbiasa belajar dengan suatu gaya tertentu yang telah menjadi suatu kebiasaan dalam hidupnya, akan tetapi belum tentu siswa yang lain akan bisa menerapkan gaya tersebut dalam kegiatan belajarnya, bahkan jika dipaksakan akan memperburuk konsentrasi penyerapan materi pelajaran yang berakibat pada menurunnya nilai atau prestasi belajarnya. Keadaan ekonomi orang tua juga banyak menentukan perkembangan dan pendidikan anak karena kebutuhan belajar anak memang memerlukan dana atau financial. Untuk mengantisipasi hal diatas, guru harus dapat mengenal  masalah-masalah yang ada pada siswa didiknya dan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan masalah tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Sejauh mana pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi, (2) Sejauh mana pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi, (3) Apakah ada pengaruh gaya belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kondisi social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Pada penelitian ini populasi yang dipakai adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Malang yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 297 siswa. Sedangkan sampel yang diambil masing-masing kelas adalah 20% dari jumlah siswa, sehingga dapat diperoleh jumlah sampel 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk variabel gaya belajar (X1) dan variabel kondisi sosial ekonomi orang tua (X2). Untuk variabel prestasi belajar (Y) digunakan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul di dalam uji coba validitas dan reliabilitas untuk mengetahui gugur tidaknya butir angket dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data SPSS For Windows 16.0

Selanjutnya data yang benar-benar valid dan reliabel dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk analisisa deskriptif dan analisa regresi linear berganda serta uji hipotesis (Uji F) untuk mengetahui secara simultan pengaruh antara gaya belajar (X1) dan kondisi sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMPN 7 Malang yaitu sebesar 75.4%, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMPN 7 Malang yaitu sebesar 75.2%, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMPN 7 Malang yaitu sebesar 75.6%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai F sebesar 92.393 dengan signifikan 0.000 


Teks Penuh: DOC PDF