SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kontrol Diri, Dan Respon Pada Iklan Terhadap Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri malang

Luluk Mutrofin

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutrofin, Luluk. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kontrol Diri, Dan Respon Pada Iklan Terhadap Pola Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E.Ak, M. P.

 

Kata Kunci: status sosial ekonomi orang tua, kontrol diri, respon pada iklan, pola perilaku konsumtif.

Munculnya iklan sebagai pemicu pola perilaku konsumtif, termasuk mahasiswa. Sebagai seorang konsumen, mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti mudah terbujuk rayuan iklan. Status sosial ekonomi orang tua juga sebagai faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan kegiatan konsumtif, tapi tidak semua orang yang memeliki pendapatan yang tinggi juga melakukan kegiatan konsumi yang berlebihan. Sedangkan salah satu karakteristik konsumen yang dapat mempengaruhi pola perilaku konsumtif adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kontrol diri dan respon pada iklan terhadap pola perilaku konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri malang.

Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua, kontrol diri, dan respon pada iklan terhadap pola perilaku konsumtif Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan,Fakultas Ekonomi,  Universitas Negeri Malang baik parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,  Universitas Negeri Malang, Angkatan 2014 sebanyak 186 mahasiswa. Teknik yang digunakan adalah teknik propotional random sampling. Dan diperoleh 127 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik yang digunakan dengan menggunakan angket atau kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap pola perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,  Universitas Negeri Malang (2) terdapat pengaruh kontrol diri, respon pada iklan terhadap pola perilaku konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,  Universitas Negeri Malang.

 

Saran yang diajukan adalah Bagi peneliti yang melakukan penelitian mengenai “status sosial ekonomi orang tua, kontrol diri dan respon pada iklan terhadap pola perilaku konsumtif” hendaknya dapat dikembangkan variabel penelitiannya lebih rinci seperti penambahan indikator dalam penelitian sehingga dapat memaksimalkan hasil penelitian dan bermanfaat bagi pihak-pihak terkait.