SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN NHASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS MAN GONDANGLEGI MALANG

khasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khasanah. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar dengan Menggunakan Model Course Review Horay (CRH) dan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN Gondanglegi Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Prih Harinto,MSi.

 

Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran course review horay (CRH), dan modelpembelajaran mind mapping.

Model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa, meningkatkan daya nalar, cara berfikir logis, kreatif, terbuka, serta ingin tau. Disamping model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai hasil belajar kompetensi akademik, model pembelajaran kooperatif juga efektif untuk mengembangkan kompetensi sosial siswa. Ada beberapa variasi jenis model dalam pembelajaran kooperatif, walupun prinsip dasar dari pembelajaran ini tidak berubah, jenis-jenis model tersebut salah satunya antara lain, model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran course review horay (CRH).Hasil belajar yang diharapkan setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping adalah untuk meningkatkan daya kreaktivitas siswa, membuat otak lebih mudah menyerap dan memahami materi dengan cepat, mempertajam daya ingat siswa, dan melatih untuk fokus. Sedangkan, model pembelajaran CRH menekankan pada terciptanya suasana kelas yang meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak “horeee, dapat melatih kerjasama dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok, serta membantu siswa untuk mengingat materi yang dipelajari dengan mudah melalui soal-soal yang telah dibacakan oleh guru dan dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada kelas kontrol,(2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajar Mind Mapping pada kelas eksperimen, dan (3) Apkah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan pembelajarn yang menggunan model Mind Mapping.

Penelitian ini merupakan penelitiana kuantitatif dan termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment)dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling dengan desain Control Group Pretest and Posttest Design. Dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes untuk pretes dan postest yang nantinya gain scorekan untuk melihat hasil belajar siswa. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan : (1) uji prasarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji T tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran mind mapping pada kelas eksperimendiperoleh rata-rata 86,2222 dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 79,3889. Hasil analisis data diketahui nilai thitung sebesar 3,293 > dari ttabel sebear 1,66629 dengan probabilitas 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran mind mapping  menunjukkan nilai tertinggi 97, nilai terendah 64 dan nilai rata-rata 86,2222, (2) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) menunjukkna nilai tertinggi 97, nilai terndah 67, dan nila rata-rata 79,3889, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata elajaran ekononomi materi kebijkan moneter dan kebijkan fiskal di MAN Gondanglegi Kabupaten Malang. Dimana penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkakn hasil belajar siswa yangvlebih baik dibandingkan dengan menggunkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Untuk itu disarankan untuk guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan pokok bahasan yang dipelajari. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan model pembelajaran yang baru dan tidak monoton, siswa akan cenderung lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dan Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sejenis disarankan dapat mengembangkan secara lebih mendalam variabel penelitian lain seperti perpaduan model pembelajaran kooperatif lainnya yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sehingga penelitian yang dilakukan lebih berkembang.