SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (Studi pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari)

Rochmatul Nurlaili

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurlaili, Rochmatul. 2018. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (Studi pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Karakter Wirausaha, Minat Berwirausaha, Siswa SMK

                       

Pada kondisi lapangan, ada beberapa siswa yang kurang mendalami ilmu kewirausahaan, kemudian banyak dari siswa belum memiliki motivasi untuk berwirausaha karena setelah lulus SMK mereka tidak tahu apa yang akan dilakukannya, kemudian siswa memiliki pandangan kalau masa depan yang baik adalah ketika mendapat pekerjaan yang mapan padahal ketika setiap siswa memiliki karakter seorang wirausaha, mereka akan menciptakan suatu bidang usaha yang sekaligus akan memberikan lowongan pekerjaan. Dari latar belakang tersebut, maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan, persepsi siswa tentang motivasi berwirausaha dan kesesuian karakter seorang wirausaha yang terdapat dalam diri siswa terhadap minat berwirausaha siswa SMK.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah  ada pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMK (Studi pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 244 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah proportional random sampling dengan sampel berjumlah 152 siswa yang terdiri dari kelas XII MM, XII TSM, XII JB, XII AK I, XII AK II, XII APK I, XII APK II, XII APL I, dan XII APL II. Analisis data regresi linier berganda dalam penelitian ini menggunakan SPSS for Windows Version 24  dengan kriteria signifikasi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial 1) ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK, 2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMK, 3) ada pengaruh yang signifikan antara karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Dan secara simultan

pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan karakter wirausaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap  minat berwirausaha siswa SMK kelas XII di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Variabel pengetahuan kewirausahaan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XII di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Saran yang dituju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi guru, (2) Bagi sekolah, (3) Bagi peneliti selanjutnya.