SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 3 SMAN 1 SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR

Arina Tri Lutfiana

Abstrak


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa belum memenuhi target yang diinginkan dan masih terdapat banyak siswa dengan nilai yang kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan dari data nilai ulangan harian hanya 4 siswa yang mencapai KKM dengan tingkat ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 12,5%.  Untuk mengatasi masalah tersebut penulis menngunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran STAD pada siklus I dan siklus II adalah 85,75% dan 96,42%. Dengan penerapan model pembelajaran STAD prestasi belajar siswa dapat meningkat, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post test siklus I sebesar 75,31 dengan presentase ketuntasan sebesar 37,5% dan siklus II sebesar 87,38 dengan presentase ketuntasan sebesar 96,87%.