SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh pendidikan Ekonomi Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2017/2018

Zulva Ika Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Zulva Ika. 2018. “ Pengaruh pendidikan Ekonomi Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E

 

Kata Kunci : Pendidikan Ekonomi Keluarga, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif

 

            Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kemajuan dan kelangsungan hidup suatu negara tergantung pada kualitas pendidikannya. Seiring dengan kemajuan yang berkembang pesat membuat gaya hidup di masyarakat semakin beragam sehingga berdampak kepada siswa untuk berperilaku konsumtif. Dalam hal ini siswa  tidak memiliki pola konsumsi yang terprogram namun berdasarkan pada keinginan saja. Sehingga penerapan pendidikan ekonomi dalam keluarga sangat dibutuhkan siswa agar dapat menjadi pelaku ekonomi yang baik.

            Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan ekonomi keluarga dan teman sebaya. Sedangkan variabel dependen yaitu perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pendidikan ekonomi keluarga dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mnggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23 for windows. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu yang berjumlah 179 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dan ditemukan sampel sejumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi keluarga teman sebaya mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif pendidikan ekonmi keluarga sebesar 33,38%, dan teman sebaya sebesar 19,29%, dan sisanya sebesar 47,33% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dalam penelitian ini bagi siswa diharapkan dapat mengaplikasikan sikap dan perilaku yang baik dalam berkonsumsi. Bagi orang tua diharapkan lebih meningkatkan pendidikan ekonomi kepada anak dengan cara memberi pengalaman dan teladan mengenai cara berkonsumsi yang baik.

 

 

ABSTRACT

 

Safitri, Zulva Ika. 2018. “ The Influence of Economics Education at Home, Peer Group in Students Consumptive Behaviour Class X Social SMA Negeri 1 Batu Years 2017/2018”. Undergraduate Thesis, Departement of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E

 

Key Words : Economics Education at Home, Peer Group, and Consumptive Behaviour

 

Education played an important role in improving the quality of human resources. The progress and survival of a country depends on the quality of education. Along with the growing advances make the lifestyle in the community the more diverse so that impact to the students to behave consumerist. In this case the student does not have a hard-wired but consumption patterns based on the wishes of course. So the application of economic education in the family sorely needed students to become a good economy

The independent variable in this study are economics education family and peers. While the dependent variable i.e. consumerist behavior. This research aims to know the least or no influence between economics education family and peers against consumerist behavior students either partially or simultaneous.This type of research is quantitative research by using multiple linear regression analysis with the help of the program SPSS 23 for windows. The population of this research is the whole grade X IPS SMA Negeri 1 rock that amounted to 179 students. Sampling using a proportional random sampling technique and found a number of sample 79 students. The technique of data collection through the questionnaire.

The results showed that family economics education peers has a negative influence and significantly to consumer behavior. From the results of the study also indicates that the contribution of effective education ekonmi family of 33.38%, and peers of 19.29%, and the rest of 47.33% is affected by other factors. Suggestions in this study for students are expected to apply the attitude and behavior of the good in berkonsumsi. For the elderly is expected to further improve economic education to children by giving experience and the example of how a good consumption.