SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Sumber Daya Keuangan Pada Petani Bawang Merah Desa Tanjung Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo

PRASETYA YUDA WICAKSANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksana, Prasetya Yuda. 2018. Efektivitas Dan Efisiensi Pengelolaan Sumber Daya Keuangan Petani Bawang Merah Desa Tanjung Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed.

Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Pengelolaan Keuangan

 

Produtivitas dan kualitas bawang merah yang dihasilkan oleh kalangan petani bawang merah. Banyak keputusan-keputusan penetapan alokasi keuangan yang harus diambil petani guna menempatkan alokasi keuangan pada porsi yang sesuai dengan kebutuhan ketika proses penyiapan lahan hingga pengangkutan hasil panen berlangsung. Prinsip efisiensi dan efektivitas perlu diperhatikan untuk mengambil keputusan yang benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat apakah dari proses alokasi keuangan dan ketepatan pengambilan keputusan telah memperhatikan prinsip efisiensi dan efektivitas atau belum. Dan juga bagaimana cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tersebut.

Penelitian ini menggunakan mixed methods researcd yang mengombinasikan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif.  Data yang dibutuhkan adalah data tentang modal awal yang dialokasikan untuk tahap-tahap pengelolaan tanaman bawang merah mulai dari tahan penyiapan lahan, biaya pembelian bibit, upah buruh tani penanam bibit, pemupukan, penyiangan dan pembersihan ulat, penyemprotan hama, pemanenan, penjemuran, proses pengikatan dan pengangkutan. Peneliti bertindak sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah dengan pengamatan lapangan, wawancara.

Efektivitas Alokasi Dana Keuangan Pada Kalangan Petani Bawang Merah Desa Tanjung Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo dapat dilihat melalui hasil yang dicapai perolehan panen bawang merah mencapai kriteria efektivitas. Hasil perolehan panen bawang merah mampu mencapai kriteria efektivitas sebesar 80%. Sementara efektivitas alokasi dana keuangan, melalui perhitungan R/C perolehan panen bawang merah mencapai kriteria efektivitas sebesar 1,47.

Efeisiensi alokasi dana keuangan pada kalangan petani bawang merah Desa Tanjung Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo dapat dilihat dari hasil yang dicapai mulai tahap pengelolaan lahan sampai tahap proses pengangkutan hasil panen. Dapat dikatakan efektif apabila hanya menggunakan biaya sedikit yaitu tahap penyiangan dan pembersihan ulat, upah penebar pupuk, buruh penanam bibit bawang merah, upah panen secara maksimal. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi hasil panen bawang merah desa tanjung meliputi: SDM (sumber daya manusia) yang kurang memadai, kelalaian dari petani bawang merah, pemanenan lebih awal.