SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Asesmen Portofolio Proses untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Negeri 10 Malang

AYU MAITREYA CHANDRAYANI

Abstrak


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini yaitu memfasilitasi pendidik untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa melalui asesmen portofolio proses di SMAN 10 Malang pada materi Sistem Pernapasan Manusia. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE diadaptasi dari McGriff (2000:2). Subjek coba penelitian menggunakan kelas sampel XI MIPA 6D4 dengan jumlah 36 siswa. Jumlah subjek coba yang digunakan untuk uji skala kecil sebanyak 8 siswa dan uji skala besar menggunakan seluruh subjek coba. Hasil analisis uji validitas oleh ahli asesmen dan pembelajaran terhadap produk yang dikembangkan berupa RPP sebesar 99,21%, LKS 98,86%, lembar kerja praktikum 98,14%, diskusi 99,07%, mind map 99,03%, kliping artikel 99,03%, resume 99,03%, dan UH 100%. Hasil analisis uji validitas oleh ahli materi terhadap produk yang dikembangkan berupa RPP sebesar 94,23%, LKS 89,42%, lembar kerja praktikum 90,27%, diskusi 93,75%, mind map 92,64%, kliping artikel 95,31%, resume 95,31%, dan UH 100%. Hasil analisis uji validitas oleh ahli lapangan terhadap produk yang dikembangkan berupa RPP, LKS, lembar kerja praktikum, diskusi, mind map, kliping artikel, resume, dan UH sebesar 100%. Berdasarkan hasil kualifikasi data validasi bahwa produk dinyatakan valid dan layak untuk diimplementasikan. Hasil analisis uji keefektifan didapatkan nilai sebesar 86,02%.

 

kata kunci: asesmen, portofolio proses, berpikir kreatif, sistem pernapasan, ADDIE, SMA Negeri 10 Malang