SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nilai Praktik Kerja Industri, dan Motivasi untuk Bekerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa (StudipadaSiswaKelas XII di SMK Negeri 3 Malang

RIZA FITRIA ROCHMAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochmawan,Riza Fitria. 2018.Pengaruh Nilai Praktik Kerja Industri, dan Motivasi untuk Bekerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa (StudipadaSiswaKelas XII di SMK Negeri 3 Malang).Skripsi, JurusanPendidikan Ekonomi,FakultasEkonomi Pembangunan,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono,S.E, M.P, Ak.

 

Kata kunci: nilaiprakerin, motivasi untuk bekerja,kesiapankerja siswa

Nilai praktik kerja industriadalahukuranhasilkegiatanpraktikkerjaindustrisiswayang diperolehdarihasilpenilaianduniausaha/industri. Nilai praktik kerja industri sangat diperlukan untuk melihat kompetensi siswa secara teknik maupun non teknik. Kegiatan praktik kerja industrimendorong siswa agar memilikimotivasi untuk bekerja. Motivasi untuk bekerja siswa dapat bersumber dari motivasi internal dan eksternal.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1)Pengaruhnilai praktik kerja industri terhadapkesiapaan kerja siswa,(2)Pengaruhmotivasi untuk bekerja terhadapkesiapaan kerja siswa, (3) Pengaruh nilai praktik kerja industri dan motivasi untuk bekerja terhadap kesiapan kerja siswa.

PenelitianinidilakukanpadabulanSeptember2017 sampaiFebruari 2018.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdenganjenis penelitian eksplanasi.Variabelbebasdaripenelitianiniadaduayaitunilai praktik kerja industri(Xı), dan motivasi untuk bekerja(X2), dengan variabel terikatnya adalah kesiapan kerja siswa (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Malangtahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 395 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 199 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling.Sumber data berasal dari data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakanmetodekuesioner.Ujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitasmenggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson dan Cronbach’s Alpha.Penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dengan penentuan kriteria interpretasi skor yaitu sangat baik dengan angka 81%-100%, baik dengan angka 61%-80%, cukup dengan angka 41%-60%, kurang dengan angka 21%-40%, dan sangat kurang dengan angka 0%-20%.

Hasil analisisdeskriptifdalampenelitianinimenunjukkanbahwa: (1)Nilai praktik kerja industri sangat baik, motivasiuntukbekerjabaik, dankesiapan kerja siswatergolongbaik, (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif variabel nilai praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa, ada pengaruh positif variabel motivasi untuk bekerja terhadap kesiapan kerja siswa, dan(3) Variabel yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa adalah motivasi untuk bekerja.

Berdasarkan uraian di atas, penelitimenyarankan: (1)Programpraktikkerjaindustriperluditingkatkanlagiterutamadalamsegipemberianmateridanpembekalansebelumsiswamasukkeduniaindustri yang sesungguhnya. (2) Dari segipenilaian, perludibuatstandarisasipenilaiandengankriteriadanaspekpenilaian yang relevan. (3) Untukpenelitian lain yang tertarikdenganpenelitianini, sebaiknyadilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabel lain.