SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang

Nur Amalia Sa'adah

Abstrak


Keberhasilan proses belajar yang dilakukan siswa dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, dimana hasil belajar tersebut dapatdipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah kebiasaan belajar, sedangkan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah lingkungan sekolah. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik, akan selalu rutin dan teratur untuk belajar, sehingga akan meningkatkan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari, kemudian hasil belajar yang diperoleh juga akan meningkat. Kebiasaan belajar yang baik akan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar jika didukung dengan lingkungan sekolah yang baik. Lingkungan sekolah yang baik dan lengkap akan menumbuhkan semangat belajar dan menunjang proses belajar siswa, sehingga akan berdampak positif terhadap hasil belajar yang diperoleh

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang (3) pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Al Ma’arif singosari Malang yang berjumlah 135 siswa. Sampel penelitian berjumlah 101 yang ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel Propotional Random Sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penellitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisi statistik inferensial.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang, dimana kebiasaan belajar memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 38,4% sedangkan lingkungan sekolah memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 40,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MA Al Ma’arif Singosari Malang, dipengaruhi oleh kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah sebesar 78,5%, sedangkan sisanya (21,5%) dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga bagi guru, diharapkan mampu memberikan motivasi agar siswa selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam belajar, kemudianbagi pihak sekolah,diharapkan dapat menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar.