SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Dampak Keberadaan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja (Outsourcing) Dalam Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus Di CV. Mitra Mandiri Singosari, Malang)

Fitriana Ida Nur Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani, Fitriana Ida Nur. 2018. Analisis Dampak Keberadaan Perusahaan Penyedia Jasa Pekerja (Outsourcing) Dalam Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Kasus Di CV. Mitra Mandiri Singosari, Malang). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA.

Kata Kunci: Outsourcing, Penyerapan Tenaga Kerja.

Penyerapan tenaga kerja merupakan banyaknya lapangan kerja yang sudah terisi yang tercermin dari banyaknya jumlah penduduk  bekerja. Penduduk yang bekerja terserap dan tersebar di berbagai sektor perekonomian. Terserapnya penduduk bekerja disebabkan oleh adanya permintaan akan tenaga kerja. Banyak tenaga kerja yang tersedia akan tetapi tidak bisa terserap secara maksimal oleh industri hal ini dikarenakan lapangan kerja yang sedikit.

Outsourcing merupakan suatu bentuk dimana perusahaan pemberi kerja bekerja sama dengan perusahaan penyedia tenaga kerja outsourcing yang menyediakan tenaga kerja yang akan diperlukan perusahaan pemberi kerja disertai dengan pemberian upah atau gaji tertentu yang sesuai dengan perjanjian para pihak perusahaan pemberi kerja dan tenaga kerja.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar penyerapan tenaga kerja dengan adanya perusahaan penyedia jasa pekerja (outsourcing). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara 5 karyawan CV. Mitra Mandiri Singosari, Malang dan data sekunder yang didapatkan dari arsip-arsip yang ada di CV. Mitra Mandiri Singosari, Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Mitra Mandiri sebagai perusahaan penyedia jasa pekerja (outsourcing) menunjang penyerapan tenaga kerja di bawah kualifikasi perusahaan pengguna, khususnya yang bergerak di bidang cleaning service, catering, security/satuan pengamanan, jasa penunjang di pertambangan dan perminyakan; dan penyediaan angkutan bagi pekerja/buruh, yang mana bidang-bidang tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah. Saran yang diberikan agar semua pihak yang terkait mulai dari pemerintah, perusahaan pemberi pekerja, perusahaan penyedia jasa pekerja (outsourcing) serta para tenaga kerja harus bekerja sama agar tidak ada pihak yang dirugikan.