SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, Uang Saku, dan Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Batu Tahun Ajaran 2017/2018

Iffah Nurhasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhasanah, Iffah. 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, Uang Saku, dan Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.PembimbingDr. HariWahyono, M.Pd.

 

Kata Kunci:Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, Uang Saku, Prestasi Belajar Ekonomi, Perilaku Konsumsi.

Semua manusia tentunya melakukan kegiatan konsumsi untuk mempertahankan hidupnya. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia di dasari oleh kebutuhan. Setiap manusia tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda antara manusia yang satu dengan yang lain, dan kebutuhan itu muncul secara alami dari mereka sendiri atau dari faktor eksternal. Pada kenyataannya kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh manusia tidak hanya didasari oleh kebutuhan, akan tetapi juga didasari oleh keinginan manusia yang semakin besar karena terpengaruh oleh faktor eksternal. Siswa SMA merupakan salah satu pelaku konsumsi. Dalam penelitian ini, variabel yang dikaji yaitu literasi ekonomi, gaya hidup, uang saku, dan prestasi belajar ekonomi sebagai variabel yang mempengaruhi perilaku konsumsi.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi ekonomi, gaya hidup, uang saku, dan prestasi belajar ekonomi. Sedangkan perilaku konsumsi sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara literasi ekonomi, gaya hidup, uang saku, dan prestasi belajar ekonomi terhadap perilaku konsumsi baik secara parsial maupun simultan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data adalah tes dan angket. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu yang berjumlah 137 dengan 70 siswa sebagai sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi ekonomi, gaya hidup, uang saku, dan prestasi belajar ekonomi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi sebesar 12,05 %, gaya hidup sebesar 15,68 %, uang saku sebesar 12,52 %, dan prestasi belajar ekonomi sebesar 14,49 %, jadi total sumbangan efektif atau R Square sebesar 54,8 %. Sisanya sebesar 45,2 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar variabel literasi ekonomi, gaya hidup, uangsaku, dan prestasi belajar ekonomi.