SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kelas XI SMK PGRI 6 Malang.

Anisa Julia Irmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Irmawati, Anisa Julia. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kelas XI SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Prih Hardinto., M.Si

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar

Proses pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Masih kurangnya pengoptimalan dalam proses pembelajaran membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai. Pemilihan model pembelajaran juga menjadi faktor penentu dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif dapat diterapkan dalam pengoptimalan proses pembelajaran. Dari banyaknya model pembelajaran dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi dua model pembelajaran yaitu model pembelajaranSnowball Throwing dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).

Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2017/2018. Melalui identifikasi dari kedua model tersebut peneliti ingin mengetahui model mana yang lebih efektif diterapkan dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI yang dilihat dari hasil belajar peserta didik.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian nonequivalent control group dengan pretest dan post-test.

Hasil penelitian yang dilakukan dapat dijabarkan sebagai berikut: (1) Setelah pemberian perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar kelas XI AK meningkat menjadi 84,07; (2) Setelah penerapan model pembelajaran Think Pair share (TPS) hasil post-test meningkat menjadi 79,9; (3) Hasil uji hipotesis yang dilakukan pada nilai post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan angka sebesar 0,044 yang mempunyai nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan.

Saran yang diberikan setelah melakukan penelitian adalah sehendaknya guru lebih dapat memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajarnya.