SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAktor-faktor yang MEmpengaruhi Kualitas Proses Belajar dan Mutu Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMAN 4 Malang

Nia Indah Sari

Abstrak


ABSTRAK

S. Indah, Sari Nia. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Proses Belajar dan Mutu Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas, Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd

Kata Kunci       : faktor proses dan hasil belajar, kualitas proses belajar, mutu hasil      belajar siswa

Proses dan hasil belajar siswa merupakan sebuah tolok ukur keberhasilan siswa dalam belajar serta dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini ketika sedang proses belajar berlangsung, siswa tidak aktif dan antusias dalam belajar. Selain itu, terdapat pula siswa yang tidak mengikuti pelajaran dengan melakukan kepentingannya sendiri seperti bermain ponsel, berbicara dengan teman, serta tidur dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas proses belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang (2)faktor- faktor yang mempengaruhi mutu hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang (3) upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang.                                                                         

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Malang. Alamat lokasi penelitian tersebut berada di Jl. Tugu Utara No.1 Kota Malang. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI IPS, guru ekonomi serta dokumen-dokumen yang menyangkut dengan penelitan ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar mendapatkan kebenaran data tersebut, menggunakan teknik triangulasi sumber. Untuk meneliti kualitas proses belajar dengan menggunakan tingkat keaktifan. Sedangkan untuk mengetahui mutu hasil belajar siswa ditentukan dari nilai ulangan harian siswa.                   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor minat, motivasi, kebiasaan atau persiapan belajar, metode mengajar guru, relasi guru dengan siswa serta relasi siswa dengan siswa pada proses belajar siswa mempengaruhi pula pada mutu hasil belajar siswa. Dimana faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi dan berkaitan satu sama lain.  

Berdasarkan dalam hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengamati lebih luas faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas proses dan hasil belajar siswa. Selain itu, peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti subjek lebih banyak, agar dapat mengetahui berbagai karakteristik siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar.